Calon Anggota DPRA dari Partai Aceh Berguguran di Pemilu 2019, Caleg Petahana Tinggal Enam Orang

Partai Aceh sepertinya sedang tidak beruntung pada Pemilu 2019. Selain calon yang diusungnya banyak berguguran atau tidak lolos, termasuk calon ..

Calon Anggota DPRA dari Partai Aceh Berguguran di Pemilu 2019, Caleg Petahana Tinggal Enam Orang
KOLASE SERAMBINEWS.COM/Facebook
Sebanyak 23 calon anggota legislatif (caleg) DPR Aceh yang sedang menjabat (incumbent atau petahana) terpilih kembali dalam Pemilu 2019. 

 
Calon Anggota DPRA dari Partai Aceh Berguguran pada Pemilu, Caleg Petahana Tinggal Enam Orang

 

Laporan Masrizal | Banda Aceh   

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Partai Aceh sepertinya sedang tidak beruntung pada Pemilu 2019. Selain calon yang diusungnya banyak berguguran atau tidak lolos, termasuk calon petahana, juga berkurangnya jumlah kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA).

Partai pentolan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) ini hanya meraup 18 kursi dari 18 kursi di DPRA. Jumlah ini jauh turun dari hasil Pemilu 2014 yang saat itu meraih 29 kursi. Kendati demikian, partai ini tetap peraih kursi terbanyak dari partai lain di parlemen Aceh.

Berdasarkan data yang dihimpun Serambinews.com, Senin (20/5/2019), dari 18 kursi yang diraih pada Pemilu 2019, enam kursi di antaranya diisi oleh wajah lama. Keenam calon anggota DPRA dari PA ini berhasil meraih suara terbanyak dari calon lain di dapil masing-masing.

Keenam petahana dari PA yang kembali lolos ke DPRA setelah meraih suara badan tertinggi itu adalah Dahlan Jamaluddin dari dapil 2 (Pidie dan Pidie Jaya) dengan suara badan 12.291, Zulfadhli dari dapil 3 (Bireuen) dengan suara badan 12.908, dan Tarmizi dari dapil 5 (Aceh Utara dan Lhokseumawe) dengan suara badan 16.754.

Baca: Dua Pesawat Tempur Rafale Milik Perancis Tinggalkan Lanud Sultan Iskandar Muda

Baca: Penyelenggaraan Baliho dan Reklame di Banda Aceh Belum Optimal, DPRK Desak Bentuk Qanun

Baca: Dishub Aceh Pasang Pengaman Beton di Jembatan Pango

Selanjutnya, Iskandar Usman Al Farlaky dengan suara badan 17.416 dan Martini dengan suara badan 9.767 dari dapil 6 (Aceh Timur) serta Yahdi Hasan dari dapil 8 (Aceh Tenggara dan Gayo Lues) dengan suara badan 9.503.

Tak hanya itu, politisi PA yang maju ke DPR RI melalui partai nasional juga tak gagal karena tak banyak meraih suara badan dan suara partai. Mereka adalah Tgk Muharuddin, Jufri Hasanuddin, Tgk Anwar, Effendi yang maju lewat Partai NasDem.

Selain itu ada Kautsar Muhammad Yus dari Partai Demokrat, Ermiadi Abdul Rahman dari Partai Amanat Nasional (PAN), dan terakhir Azhari Cage dari Partai Bulan Bintang (PBB).(*) 

Penulis: Masrizal Bin Zairi
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved