Dua Pesawat Tempur Rafale Milik Perancis Tinggalkan Lanud Sultan Iskandar Muda

sekitar pukul 11.03 seluruh pesawat dan helikopter Angkatan Laut Perancis telah meninggalkan Lanud SIM

Dua Pesawat Tempur Rafale Milik Perancis Tinggalkan Lanud Sultan Iskandar Muda
SERAMBI/BUDI FATRIA
Personel TNI AU melakukan pengamanan terhadap pesawat tempur milik Angkatan Laut Perancis jenis Rafale, yang mendarat darurat di Pangkalan Udara (Lanud) Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar. Foto direkam, Minggu (19/5). SERAMBI/BUDI FATRIA 

Dua Pesawat Tempur Rafale Milik Perancis Tinggalkan Lanud Sultan Iskandar Muda

Laporan Misran Asri | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Setelah sempat terparkir selama dua hari di Apron Lanud Sultan Iskandar Muda (SIM) Blangbintang, Aceh Besar, dua pesawat tempur Rafale Angkatan Laut Perancis, Senin (20/5/2019) siang, kembali menuju basenya di kapal induk Charles De Gaule.

Seperti diketahui kedua pesawat itu sebelumnya mengalami kerusakan pada hidrolik dan engine oil system, sehingga harus mendapatkan perbaikan dari teknisi Rafale.

Baca: Donald Trump Ancam Serang Iran, Ini Perbandingan Kekuatan Militer AS dan Iran

Danlanud SIM Kolonel Pnb Hendro Arief H Sos, mengatakan untuk perbaikan, satu helikopter Angkatan Laut Perancis jenis NH90 telah tiba di Lanud SIM pada Senin (20/5/2019) pukul 09.30 WIB, mengangkut tujuh teknisi.

Setelah kurang lebih satu jam perbaikan, dua Rafale dinyatakan baik dan layak terbang kembali ke base di Kapal Induk Charles De Gaule yang bersandar di 75 Mil Barat Aceh.

Kolonel Hendro menambahkan, sekitar pukul 11.03 seluruh pesawat dan helikopter Angkatan Laut Perancis telah meninggalkan Lanud SIM.

Baca: Anggota DPRK Subulussalam Beberkan Bukti Dugaan Perselingkuhan Istrinya, Ada Video Pengakuan

“Secara administrasi telah kita cek kelengkapannya, baik dari pihak TNI AU, Lanud Sultan Iskandar Muda maupun imigrasi dinyatakan clear dan pesawat dinyatakan baik dan layak terbang, sehingga kami perbolehkan untuk kembali ke base,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebanyak tujuh pesawat tempur Rafale Angkatan Laut Perancis pada Sabtu (18/5/2019) siang, mendarat darurat di Lanud SSIM, Blangbintang, Aceh Besar.

Pendaratan dilakukan pada pukul 11.45 WIB, dikarenakan di sekitar kapal induk Charles De Gaule yang menjadi base pesawat diselimuti cuaca buruk.

Baca: Amankan Aksi 22 Mei di Jakarta, Pasukan Kopassus Siap Turun Tangan

Halaman
12
Penulis: Misran Asri
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved