BI dan Tiga PTN di Aceh Jalin Kerja Sama

Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan Aceh dengan tiga Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Aceh yaitu Universitas Syiah Kuala

BI dan Tiga PTN di Aceh Jalin Kerja Sama
Zainal Arifin Lubis, Kepala BI Perwakilan Aceh

BANDA ACEH - Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan Aceh dengan tiga Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Aceh yaitu Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, dan Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang program beasiswa. Masing-masing PTN dipilih 50 mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dan berprestasi.

Penandatangan ini dilakukan oleh Kepala BI Perwakilan Aceh, Zainal Arifin Lubis, Wakil Rektor I Unsyiah, Prof Dr Ir Marwan, Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr H Warul Walidin AK MA, dan Rektor UTU Meulaboh, Prof Dr Jasman J Ma’ruf SE MBA sekaligus penyerahan secara simbolis kepada penerima beasiswa, di ruang Auditorium Kantor BI setempat, Rabu (22/5).

Zainal Arifin Lubis dalam keterangan tertulis yang diterima Serambi mengatakan, masing-masing mahasiswa akan diberikan beasiswa sebesar Rp 1 juta tiap bulan selama setahun, sehingga total beasiswa yang diberikan untuk ketiga PTN tersebut sebesar Rp 1,8 miliar.

Dikatakan, tingginya biaya pendidikan di Indonesia banyak membuat putra putri bangsa yang berprestasi tidak dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi. Maka sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi tersebut, BI melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) berupaya berperan aktif dalam meningkatkan kualitas masa depan sumber daya manusia Indonesia, yaitu dengan memberikan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi.

“Khususnya yang kurang mampu untuk mendukung biaya pendidikan, sarana penunjang studi, maupun biaya hidup. Mahasiswa S1 berprestasi dari berbagai PTN menjadi sasaran utama dari program ini,” katanya. Namun, ke depan tidak menutup kemungkinan beasiswa BI juga akan diberikan kepada mahasiswa S1 berprestasi dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Zainal Arifin Lubis menjelaskan Program Beasiswa Bank Indonesia tidak terbatas pada pembiayaan untuk mendukung biaya pendidikan, sarana penunjang studi, maupun biaya hidup. Mahasiswa

penerima beasiswa Bank Indonesia juga diwadahi dalam sebuah komunitas, yaitu Generasi Baru Indonesia (GenBI) serta diikutsertakan dalam berbagai kegiatan dan pelatihan, khususnya soft skills, secara berkala, terencana, dan terarah.

“Dengan demikian, mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia diharapkan dapat mengembangkan kompetensi, dan karakternya agar mampu menjadi insan unggul dan berdaya saing tinggi serta mampu berkontribusi nyata bagi bangsa dan negara,” sebutnya.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan talkshow dengan tema “Membangun Generasi Muda yang Cerdas dan Berkarakter”. Serta dihadiri pimpinan dan pejabat Kantor BI Perwakilan Aceh, rektor, dekan, dan dosen dari Unsyiah, UIN Ar- Raniry dan UTU Meulaboh, serta mahasiswa penerima beasiswa BI 2019, dan penerima beasiswa tahun-tahun sebelumnya.(una)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved