Kapan Caleg Terpilih di Aceh Ditetapkan? Ini Penjelasan KIP Aceh

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah merampungkan rekapitulasi dan penghitungan suara secara nasional pada 21 Mei lalu.

Kapan Caleg Terpilih di Aceh Ditetapkan? Ini Penjelasan KIP Aceh
Dok KIP Aceh
Komisioner KIP Aceh, Munawarsyah memberikan materi sosialisasi pungut hitung di Aceh Selatan, Selasa (19/2/2019). 

Laporan Subur Dani | Banda Aceh    

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah merampungkan rekapitulasi dan penghitungan suara secara nasional pada 21 Mei lalu. 

Namun, hingga saat ini Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh dan kabupaten/kota di Aceh belum menetapkan nama-nama caleg terpilih setiap daerah pemilihan berikut perolehan kursi partai politik, baik DPRK maupun DPRA.

Menurut Komisioner KIP Aceh, Munawarsyah, penetapan caleg terpilih belum bisa dilakukan karena saat ini KIP Aceh dan KIP kabupaten/kota di Aceh masih menunggu pemberitahuan atau putusan Mahkamah Kontitusi (MK) terkait ada atau tidaknya perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) di Aceh. 

Menurutnya, KIP baru bisa menetapkan caleg terpilih, jika MK telah mengeluarkan putusan atau surat pemberitahuan bahwa untuk Aceh (DPRA) dan kabupaten/kota (DPRK) tidak ada gugatan sama sekali. 

"Terkait dengan penetepan perolehan kursi itu kita baru bisa melaksanakan setelah ada pemberitahuan dari KPU RI berdasarkan putusan MK bahwa kabupaten/kota atau provinsi tidak ada gugatan PHPU," kata Munawarsyah.

Baca: Tiga Caleg Terpilih asal Satu Desa

Baca: KIP Tegaskan belum Keluarkan Nama-nama Caleg Terpilih

Baca: Tak Buat LHKPN, Caleg Terpilih tak Bisa Dilantik

Partai politik katanya, diberi waktu tiga hari hari untuk mengajukan gugatan, batas akhir sampai tanggal 25 Mei. 

"Setelah semua perkara terregistrasi di MK, nanti MK akan kirim surat ke KPU RI. Kabupaten atau provinsi yang ada gugatan, maka tidak boleh dulu menetapkan calon terpilih termasuk perolehan kursi. Bagi yang tidak ada gugatan, sudah bisa melaksanakan penetapan calon terpilih," pungkasnya. (*)

Penulis: Subur Dani
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved