Pembuatan KIA di Aceh Selatan Meningkat, Ini Syarat dan Kegunaannya

Saat ini sudah ada sekitar 1.244 lembar KIA yang sudah dicetak dan diserahkan oleh Disdukcapil Aceh Selatan.

Pembuatan KIA di Aceh Selatan Meningkat, Ini Syarat dan Kegunaannya
For Serambinews.com
H Lahmuddin, Kadisdukcapil Aceh Selatan 

Laporan Taufik Zass | Aceh Selatan

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN - Tingkat kesadaran masyarakat untuk mengurus Kartu Identitas Anak (KIA) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Aceh Selatan mengalami peningkatan.

Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk di Disdukcapil Aceh Selatan, Drs Iwan Masdi, Kamis (23/5/2019) mengaku peningkatan tersebut terjadi seiring dengan mulai tumbuhnya kesadaran masyarakat terkait pentingnya KIA bagi anaknya.

Peningkatannya, kata Iwan, cukup signifikan. Di mana hingga saat ini sudah ada sekitar 1.244 lembar KIA yang sudah dicetak dan diserahkan oleh Disdukcapil setempat.

"Kemarin Disdukcapil turun ke Trumon Timur, ada sekitar 525 lembar KIA yang dicetak. Sebelumnya kami juga ke Meukek, dan Bakongan Timur," paparnya.

Iwan Masdi menjelaskan, untuk mengurus KIA bisa dilakukan para orang tua dari anak yang akan dibuatkan KIA, mapun diwakilkan dengan membawa persyaratan yang telah ditentukan.

"Persyaratannya, foto copy KK, Akte Kelahiran, kemudian usia 5 tahun ke atas harus dibawa anak untuk diambil fotonya," jelas Iwan Masdi.

Kepala Disdukcapil Aceh Selatan, H Lahmuddin MSi mengatakan, pentingnya KIA sebagai identitas resmi anak, bukti diri anak yang berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah.

KIA juga bertujuan untuk meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik serta upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga Negara Indonesia.

"Tahun 2019, diwajibkan semua sudah melaksanakan pelayanan KIA. Menyangkut blangko, tidak ada kendala, tahun kemarin ka I sudah cetak 16 ribu keping dan tahun ini 16 ribu keping," pungkas Lahmuddin.(*)

Baca: Viral Foto Anggota Brimob Dikira WNA, Identitas Polisi Ini Akhirnya Terungkap

Baca: Jadwal Perempat Final Piala Sudirman 2019 - Mampukah Indonesia Hadapi Kekuatan Chinese Taipei?

Baca: GeRAK: Moratorium Izin Tambang dan Tim Evaluasinya Perlu Dilanjutkan

Baca: 74 Paket Proyek di Pijay Dilelang, Ini Limit Waktu Sanggahnya

 

Penulis: Taufik Zass
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved