Ramadhan Bulan Melatih Keikhlasan dan Kesabaran

Berpuasa di bulan Ramadhan merupakan salah satu dari rukun islam yang lima, dan menjadi pondasi dari agama Islam.

Ramadhan Bulan Melatih Keikhlasan dan Kesabaran
THE INDIAN EXPRESS
Ilustrasi Ramadhan (THE INDIAN EXPRESS) 

Laporan Mawaddatul Husna | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Berpuasa di bulan Ramadhan merupakan salah satu dari rukun islam yang lima, dan menjadi pondasi dari agama Islam.

Sebagaimana sabda Rasulullah dalam hadist yang shahih berbunyi agama islam dibangun atas lima pondasi salah satunya adalah berpuasa di bulan Ramadhan.

"Dalam hadist yang lain Rasulullah mengatakan setiap amalan manusia itu untuknya, kecuali puasa kata Allah bahwa puasa itu untuk-Ku, dan Aku akan memberikan balasan kepadanya. Jadi tidak ditentukan berapa nilai balasan karena itu suka-suka Allah," kata Pimpinan Dayah Babul Maghfirah, Cot Keueung, Aceh Besar, Ustadz Masrul Aidi saat menjadi narasumber dalam program Serambi Spiritual, kerja sama antara Radio Serambi FM dan Kaukus Wartawan Peduli Syariat Islam (KWPSI) Aceh, Kamis (23/5/2019).

Dialog interaktif yang mengangkat tema "Puasa Melatih Keikhlasan" dan disiarkan secara langsung oleh Radio Serambi FM 90,2 MHz ini dipandu host, Tya Andalusia.

Ustadz Masrul Aidi menambahkan puasa masuk ke dalam kategori makna sabar. Orang-orang yang sabar kata Allah dalam Alquran, yaitu balasan pahala yang diberikan tanpa ada batasan perhitungan.

"Dan tentu saja puasa merupakan program ibadah yang melatih kesabaran kita, karena tidak ada yang tahu kita puasa atau tidak, kecuali Allah dan kita sendiri sebagai pemilik badan. Maka dari sisi itu, kesabarannya benar-benar diuji untuk tidak makan minum," katanya.

Dikatakan, karena sifat dari puasa ini tersembunyi hanya Allah dan manusia itu sendiri yang tahu, maka disitulah tersembunyi pula nilai-nilai keikhlasan.

Sebab orang yang ikhlas secara umum diidentifikasikan ketika berbuat sesuatu tidak ada keinginan untuk diketahui oleh orang lain.

Latihan panjang selama satu bulan penuh, dikatakan Ustadz Masrul Aidi menjadi modal yang kuat untuk diterapkan dalam bidang-bidang pekerjaan, dan kehidupan untuk menjadi pribadi yang ikhlas.

"Makanya puasa adalah bulan yang sangat potensial untuk melatih kesabaran bagi setiap pribadi muslim dengan merahasiakan ibadahnya, serta ikut merahasiakan potensi pelanggaran ibadah ketika itu berpotensi untuk dilanggar," demikian Ustadz Mairul Aidi. (*)

Penulis: Mawaddatul Husna
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved