Breaking News:

DPRA Minta Kantor TNGL Dipindah ke Aceh

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) mendesak Pemerintah Aceh agar meminta kepada pemerintah pusat agar Kantor Taman Nasional Gunung Leuser..

Penulis: Masrizal Bin Zairi | Editor: Jalimin
AFP
Taman Nasional Gunung Leuser, dikagumi keindahannya oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. 

Anggota DPRA Minta Kantor TNGL Dipindah ke Aceh

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) mendesak Pemerintah Aceh agar meminta kepada pemerintah pusat agar Kantor Taman Nasional Gunung Leuser ( TNGL) yang saat ini berada di Sumatera Utara (Sumut) dipindahkan ke Aceh.

Desakan itu disampaikan anggota DPRA, Buhari Selian seusai penyampaian Rancangan Qanun (raqan) Aceh tentang Perlindungan Satwa dan Raqan Aceh tentang Perubahan Kedua atas Qanun Aceh Nomor 8 Tahun 2012 tentang Lembaga Wali Nanggroe di Gedung DPRA, Jumat (24/5/2019).  

“Kantor Taman Nasional Gunung Leuser berada di Sumatera Utara. Sedangkan taman Gunung Leuser 92 persen berada di Aceh. Ini sangat merugikan Aceh.

Dari segi tenaga kerja sudah tentu diambil dari Sumatera Utara,” kata Buhari Selian kepada pimpinan sidang, Sulaiman Abda.

Dia meminta Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah untuk mengusulkan pemindahan Kantor TNGL dari Sumut ke Aceh ke pemerintah pusat.

Baca: Zakat Fitrah di Gayo Lues Rp 35.000 Per Jiwa

Baca: Lewat Tips Menarik, DPKP Imbau Warga Waspadai Kebakaran Rumah Saat Mudik Lebaran

Baca: Iskandar Pimpin YARA Aceh Utara

Dia mengatakan, pihaknya sudah beberapa kali menyampaikan usulan itu kepada pemerintah Aceh tapi tidak ada respon.  

Selama ini, lanjutnya, orangutan Sumatera yang ditemukan di Aceh dibawa ke Bahorok, Kabupaten Langkat, Sumut untuk kemudian dilepasliarkan di ekowisata Bukit Lawang. 

Banyak turis mancanegara yang datang ke sana untuk melihat orangutan Sumatera.

“Bule-bule mancanegara yang ingin melihat orangutan datang ke Bahorok, bukan ke Aceh. Banyak orang luar membuat riset mengenai orangutan tidak lagi di Aceh. Karena itu tolong Kantor TNGL ini dikembalikan ke Aceh. Kami sudah beberapa kali mengusulkan tapi tidak berhasil,” katanya.(*)
 
 
 
 


  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved