Pria Tak Bersalah Ini Akhirnya Bebas Setelah Mendekam 33 Tahun di Penjara

Selama hampir empat dekade, Keith Bush selalu bersikeras dia tidak melakukan kejahatan yang didakwakan kepadanya

James Carbone/Newsday via AP
Keith Bush ketika hadir di persidangan. Dia akhirnya dibebaskan karena tak bersalah setelah dituduh membunuh gadis 14 tahun pada 1976.(James Carbone/Newsday via AP ) 

SERAMBINEWS.COM, NEW YORK - Selama hampir empat dekade, Keith Bush selalu bersikeras dia tidak melakukan kejahatan yang didakwakan kepadanya: membunuh gadis 14 tahun di Bellport, New York.

Polisi, kata Bush, telah menyiksanya dan memaksanya supaya dia menandatangan surat yang berisi pengakuan yang ternyata sama sekali tidak dia baca.

Selama dipenjara, dia mendapat bantuan dari Jurusan Hukum Pace yang berupaya memperoleh rekaman maupun bukti bahwa Bush merupakan sidang yang tidak adil.

Bahkan setelah dia menjalani pembebasan bersyarat, The Independent melansir Kamis (23/5/2019) Bush masih terus berjuang untuk mendapat keadilan dan memulihkan nama baiknya.

Akhirnya momen manis itu terjadi dalam sidang yang berlangsung di Pengadilan Distrik Suffolk County, Long Island, pada Rabu pagi waktu setempat (22/5/2019).

Dikutip New York Post, Bush yang kini berusia 62 tahun menatap kaget ketika Hakim Anthony Senft mengabulkan mosi untuk menganulir vonis dan membebaskannya dari tuduhan.

Ini berarti Bush akhirnya dinyatakan tidak bersalah benar-benar bebas setelah 33 tahun mendekam di penjara.

Baik keluarga maupun teman Bush bersorak di ruang sidang.

"Saya tidak bisa memberi apa yang sudah diambil dari Anda pada 1970-an. Namun apa yang bisa saya pulihkan hari ini adalah fakta bahwa Anda tak bersalah," ujar Hakim Senft.

Bush diputus bersalah pada 1976 setelah memukul dan mencekik Sherese Watson hingga tewas dalam percobaan serangan seksual di Bellport tahun sebelumnya.

Halaman
12
Editor: faisal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved