Zakat Fitrah Dalam Bentuk Uang di Nagan Rp 33 Ribu Per Jiwa

Takaran zakat fitrah di Nagan Raya yang ditetapkan dalam bentuk uang mencapai Rp 26 ribu hingga Rp 33 ribu rupiah per jiwa yang ditetapkan..

Zakat Fitrah Dalam Bentuk Uang di Nagan Rp 33 Ribu Per Jiwa
SERAMBINEWS.COM/SA'DUL BAHRI
Tim Kemenag Nagan Raya melaksanakan rapat penentukan takaran zakat fitrah, Jumat (24/5/2019) yang berlangsung di Kantor Kemenag Nagan Raya, Komplek Perkantoran Suka Makmue. 

Zakat Fitrah Dalam Bentuk Uang di Nagan Rp 33 Ribu Per Jiwa

 

Laporan Sa’dul Bahri | Nagan Raya

 

SERAMBINEWS.COM, SUKA MAKMUE – Takaran zakat fitrah di Nagan Raya yang ditetapkan dalam bentuk uang mencapai Rp 26 ribu hingga Rp 33 ribu rupiah per jiwa yang ditetapkan dalam sebuah rapat bersama, Jumat (24/5/2019). 

Angka tersebut ditetapkan sesuai dengan harga beras di pasar dalam wilayah itu, sedangkan takaran beras sesuai dengan ketentuan yang ada yaitu 2,8 kg  per jiwa.

Kepala Kementerian Agama Nagan Raya, Drs H Amiruddin Husen kepada Serambinews.com, Jumat (24/5/2019) mengatakan, berdasarkan hasil survei pasar dalam wilayah tersebut terkait harga beras saat ini telah dilakukan pembahasan dan penetapan bersama.

Sehingga, diputuskan besaran zakat fitrah bagi umat Islam di Nagan Raya yaitu, kadar zakat fitrah dengan beras untuk setiap jiwa  adalah 10 kaleng susu isi 397 gram atau 3,1 liter atau 1,5 (satu setengah bambu) plus 1 genggam atau 2,8 kilogram.

Sedangkan zakat fitrah yag dikeuluarkan dalam bentuk uang ditetapkan besarannya sebagai berikut, bagi yang mengkonsumsi beras BTN, Yusima, Bunga dan sejenisnya Rp 33 ribu rupiah per jiwa.

Sementara bagi yang mengkonsumsi beras Ramos, Tangse, Cap Ayam, Dewi dan sejenisnya Rp 31 ribu rupiah per jiwa, berikut  yang mengkonsumsi beras Keumala, Qaisar, Cap BS, Oke dan sejenisnya Rp 28 ribu rupiah per jiwa, untuk yang mengkonsumsi Beras Dolog, Beras Lokal dan sejenisnya Rp 26 ribu rupiah per jiwa.

Dalam rapat tersebut juga diputuskan tentang penyaluran zakat fitrah kepada muallaf sebagai salahsatu asnaf penerima zakat fitrah akan disalurkan melalui  Baitul Mal Kabupaten Nagan Raya sebagai lembaga yang selama ini melakukan pembinaan dan bantuan  kepada muallaf tersebut.

Lebih lanjut hasil keputusan rapat tersebut akan di buatkan surat edaran kepada seluruh masyarakat Kabupaten Nagan Raya melalui Kepala KUA dan Camat untuk di teruskan ke setiap gampong, untuk di sampaikan ke masyarakat di masjid-masjid, mushalla, meunasah dan tempat pengumpulan zakat fitrah lainnya di setiap gampong di daerah itu.

Baca: Lokasi Berburu Takjil Ini Disulap jadi ‘Pasar Kaget

Baca: Perampok Mobil Kepala SMP Diringkus, Begini Kronologisnya

Baca: Pemkab Aceh Jaya Sudah Cairkan THR

"Kementerian Agama Kabupaten Nagan Raya selanjutnya akan membuat surat edaran untuk sosialisasi perihal besaran zakat fitrah yang telah diputuskan, untuk diketahui dan dipedomani oleh masyarakat Kabupaten Nagan Raya" demikian disampaikan Kepala Kankemenag Nagan Raya usai rapat.

Dalam rapat penentuan besaran zakat fitrah itu ikut hadir Kepala Kankemenag Nagan Raya Drs H Amiruddin Husen, Kadis Syariat Islam, Ketua MPU, Kepala Baitul Mal, serta sejumlah pejabat struktural Kemenag Nagan Raya dan perwakilan dari KUA Nagan Raya.(*)

 

Penulis: Sa'dul Bahri
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved