Ikuti Mazhab Imam Hanafi, Zakat Fitrah di Bener Meriah 3,8 Kg Beras per Jiwa

Kantor Kementerian Agama Bener Meriah menetapkan besaran zakat fitrah pada Ramadhan 1140 H sebesar 3,8 Kg/jiwa dalam bentuk beras.

Ikuti Mazhab Imam Hanafi, Zakat Fitrah di Bener Meriah 3,8 Kg Beras per Jiwa
tribunnews.com
Ilustrasi 

Laporan Muslim Arsani | Bener Meriah

SERAMBINEWS.COM, REDELONG - Kantor Kementerian Agama Bener Meriah menetapkan besaran zakat fitrah pada Ramadhan 1140 H sebesar 3,8 Kg/jiwa dalam bentuk beras.

Penetapan besaran zakat fitrah itu merujuk kepada mazhab Imam Hanafi, sehingga besaran pembayaran zakat berbeda dengan sebagian wilayah lain di Aceh.

"Penetapan zakat fitrah ini berdasarkan musyawarah dengan MPU, Baitul Mal dan instansi terkait. Sehingga ditetapkan besarannya untuk zakat fitrah 3,8 Kg dalam bentuk beras," jelas Kepala Kankemenag Bener Meriah, Bentara Saidi SAg, kepada Serambinews.com, Sabtu (25/5/2019).

Ia menambahkan, penetapan tersebut juga berdasarkan Fatwa MPU Aceh Nomor 13 Tahun 2014 tentang zakat fitrah dan ketentuannya.

Sementara, untuk zakat yang ditunaikan dalam bentuk uang, besarannya dibagi dalam tiga golongan, yakni beras kelas I, kelas II, dan beras kelas II.

Untuk beras kelas I, jika dikonversi dengan uang, nilainya Rp 45.000 per jiwa.

Untuk beras kualitas kelas II, bila diuangkan Rp 42.000, dan beras kelas III sebesar Rp 39.000.

"Zakat fitrah berdasarkan Mazhab Imam Hanafi dapat dikeluarkan dalam bentuk beras maupun uang," tandas Kepala Kankemenag ini.

Lebih lanjut ia sampaikan, pembayaran zakat fitrah sudah dapat dilakukan mulai dari dikeluarkannya penetapan ini, sampai sebelum pelaksanaan shalat Idhul Fitri.(*)

Baca: Hore! Akses WA, FB, IG Kembali Lancar Mulai Sabtu Siang Ini

Baca: Imbas Pakai VPN, Uang Mimin di Bank Ludes, Ini Bahaya Lainnya dari VPN

Baca: Link Live Streaming Semifinal Sudirman Cup 2019 Indonesia Vs Jepang - Marcus/Kevin Awali Perjuangan

Penulis: Muslim Arsani
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved