35 Kg Sabu dari Aceh Ditangkap

Petugas Badan Narkotika Nasional (BNN), Sabtu (25/5), menggagalkan pengiriman 35 kilogram (kg) sabu-sabu dari Aceh

35 Kg Sabu dari Aceh Ditangkap
Rina Ayu Panca Rini/Tribunnews.com
ARMAN DEPARI,Deputi Pemberantasan BNN 

* Saat Dikirim ke Jakarta dengan Truk Sayur Kol

JAKARTA - Petugas Badan Narkotika Nasional (BNN), Sabtu (25/5), menggagalkan pengiriman 35 kilogram (kg) sabu-sabu dari Aceh ke Jakarta di wilayah Pelabuhan Merak, Provinsi Banten.

Deputi Pemberantasan BNN, Irjen Arman Depari menyatakan, 35 kg sabu-sabu tersebut dikirim lewat jalur darat menggunakan truk bermuatan sayur kol. “Setelah seluruh muatan atau sayuran dibongkar dan diturunkan, tim berhasil menemukan 35 bungkus narkotika jenis sabu di dinding bak belakang truk tersebut,” kata Arman dalam keterangan tertulis, kemarin.

Arman menjelaskan, mulanya BNN mendapat informasi adanya pengiriman sabu-sabu dari Sumatera Utara ke Jakarta menggunakan truk. “Hasil penyelidikan mengarah kepada truk colt diesel bak warna kuning kombinasi biru, dengan nomor polisi BK 9434 EN bermuatan sayur jenis kol dan kubis,” ungkapnya.

Selanjutnya, menurut Arman, BNN mengikuti truk tersebut dari wilayah Lampung hingga menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni ke Pelabuhan Merak, Banten. “Kemudian tim BNN menghentikan truk tersebut di Jalan Raya Jakarta-Merak atau di Fly Over selepas Pelabuhan Merak di Cilegon, Banten,” kata Arman.

Lalu, sambungnya, petugas membongkar seluruh muatan sayuran berupa kol dan kubis dari truk yang dicurigai tersebut. “Akhirnya tim menemukan 35 bungkus narkotika jenis sabu di dinding bak belakang truk tersebut. Sabu yang kami amankan sekitar 35 kilogram,” demikian Deputi Pemberantasan BNN, Irjen Arman.

Deputi Pemberantasan BNN, Irjen Arman Depari, mengungkapkan selain mengamankan sabu, petugas juga membekuk seorang tersangka yakni sopir truk atas nama Muazir. “Sedangkan seorang kernet truk, masih sebatas saksi dan kita periksa,” ujar Arman dalam pernyataan tertulis, kemarin.

Dari pengakuan Muazir, kata Arman, tersangka mendapat sabu dari Riski atas perintah Ridwan yang tinggal di Kota Langsa. “Berdasarkan informasi tersebut, tim bekerja sama dengan Badan Narkotika Kota (BNK) Langsa kemudian berhasil menangkap Riski dan Ridwan di Dusun Tanjung Putus, Kelurahan Gampong Jawa, Kecamatan Langsa, Kota Langsa,” ungkap Arman Depari.

Setelah menggeledah rumah tersangka Ridwan dan Rizki, sebutnya, petugas menyita sejumlah barang bukti seperti beberapa mobil, sepeda motor, dan uang tunai Rp 268 Juta. “Semua barang itu kami nyatakan disita karena diduga berasal hasil dari bisnis narkoba sabu. Jadi, akan kami tindaklanjuti dan menyelidiki dugaan adanya tindak pidana pencucian uang dalam kasus ini,” kata Arman.

Sementara untuk barang bukti truk colt diesel, sabu 35 kg serta identitas sopir dan lainya, tambah Arman, sudah dibawa ke Kantor BNN pusat di Cawang, Jakarta Timur. (kompas.com/tribunnews.com)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved