Dikikis Sungai Arakundo Aceh Timur, Jalan Kecamatan ke Sejumlah Gampong Terancam Longsor

“Karena jika jalan digeser dan dibangun lain percuma saja pasti akan dikikis longsor lagi, apabila tidak dibangun beronjong..."

Dikikis Sungai Arakundo Aceh Timur, Jalan Kecamatan ke Sejumlah Gampong Terancam Longsor
FOR SERAMBINEWS.COM
Warga meminta pemerintah membangun talut atau beronjong karena badan jalan utama yang menghubungkan Gampong Seuneubok Tuha ke Alue Mirah, dan sejumlah gampong lainnya, terancam longsor ke aliran sungai Arakundo, Kecamatan Pante Bidari, Aceh Timur, Jumat (24/5/2019)

Dikikis Sungai Arakundo Aceh Timur, Jalan Kecamatan ke Sejumlah Gampong Terancam Longsor

Laporan Seni Hendri | Aceh Timur

SERAMBINEWS.COM, IDI – Badan jalan dari pusat Kecamatan Pante Bidari, ke sejumlah gampong di kecamatan itu, terancam longsor dikikis arus sungai Arakundo.

Jarak dari pusat kecamatan atau dari jalan Nasional ke lokasi longsor sekitar 25 kilometer.

“Mulai dari Gampong Seuneubok Tuha, Alue Ie Mirah, sampai Gampong Pante Rambong, jalan berada di sisi sungai Arakundo, semua jalan ini dikikis arus sungai Arakundo. Paling parah longsor mulai memakan badan jalan di Gampong Pante Rambong,” jelas Zulfikar, tokoh masyarakat Pante Bidari, kepada Serambi, Minggu (26/5/2019).

Baca: Harga Cabai Merah di Pidie Jaya Capai Rp 45.000/Kg Selama Ramadhan

Dari lokasi longsor ini menuju ke arah atas ada lima gampong lagi, yaitu Pante Labu, Blang Seunong, Suka Damai, Sijudo, dan Sahraja.

Jika tak segera ditangai pemerintah, jalan terancam putus, dan masyarakat terisolir.

Hasil amatan di lapangan, jelas Zulfikar, untuk mengantisipasi badan jalan ditelan longsor maka perlu dibangun beronjong atau talut.

“Karena jika jalan digeser dan dibangun lain percuma saja pasti akan dikikis longsor lagi, apabila tidak dibangun beronjong. Karena itu, pembangunan beronjong, sangat penting,” pinta Zulfikar, mewakili masyarakat.

Baca: Kolam Mataie Kering, Sumber Air PDAM Aceh Besar Krisis

Sementara itu, Bupati Aceh Timur, H Hasballah Bin HM Thaib atau yang akrab disapa Rocky, yang dikonfirmasi mengatakan, pihaknya akan segera turun ke lapangan meninjau jalan yang terancam longsor tersebut.

“Besok Senin saya dan Kadis PUPR akan meninjau lokasi longsor tersebut, untuk dicarikan langkah-langkah penanganannya,” jelas Bupati. (*)

Penulis: Seni Hendri
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved