Unit Tranfusi Darah (UTD) RSUD Bireuen Krisis Persediaan Darah

Sedangkan golongan lain semakin sedikit. Kabutuhan darah setiap hari mencapai 40-50 kantong dan tergantung jumlah pasien yang membutuhkan.

Unit Tranfusi Darah (UTD) RSUD Bireuen Krisis Persediaan Darah
SERAMBINEWS.COM/YUSMANDIN IDRIS
Warga Bireuen sedang melakukan donor darah di UTD RSUD Bireuen, Minggu (26/5/2019). 

Laporan Yusmandin Idris I Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN – Persediaan darah di Unit Tranfusi Darah (UTD) RSUD Bireuen semakin minim.

Karenanya diperlukan perhatian lembaga sosial dan masyarakat untuk mendonorkan darahnya membantu pasien yang membutuhkan.

Kepala UTD RSUD Bireuen Wardati SKM kepada Serambinews.com mengatakan, stok darah di UTD, Minggu (26/05/2019) hanya tersedia 25 kantong darah berbagai golongan dan paling banyak golongan O terdapat 11 kantong.

Sedangkan golongan lain semakin sedikit. Kabutuhan darah setiap hari mencapai 40-50 kantong dan tergantung jumlah pasien yang membutuhkan.

Baca: Tak Perlu Pakai Oven, Ini Resep Kue Kering Lebaran Terbaru 2019

Baca: Polisi Tangkap Ketua Panwaslih Subulussalam, Terkait Dugaan Chat Mesum dan Perselingkuhan

Baca: Pembuluh Darah Mata Tanta Ginting Pecah! Akibat Stress dan Kebanyakan Main Handphone

Stok kantong darah persediaan yang ada sekarang katanya, hasil kegiatan donor Sabtu (25/05/2019) malam di Masjid Taqwa, Geulanggang Baro, Kota Juang Bireuen, sebelumnya hanya enam kantong, sekarang sudah ada 25 kantong.

Selama bulan Ramadhan kata Wardati, kegiatan donor darah nyaris tidak ada, persediaan untuk mengatasi kebutuhan darah mengambil darah dari keluarga pasien.

“Selama bulan puasa, kebutuhan darah mengambil dari keluarga pasien, ada sejumlah warga dengan sukarela datang melakukan donor di UTD,” ujar Wardati.

Ia mengharapkan, siapa saja yang mau mendonor darahnya dapat datang langsung ke UTD, begitu juga lembaga sosial yang ingin mendonor darah dapat menghubungi UTD RSUD Bireuen, tim UTD siap bergerak melakukan donor.(*)

Penulis: Yusmandin Idris
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved