Iskandar Al-Farlaky, Petahana Peraih Suara Terbanyak di PA

Tak banyak anggota DPRA dari Partai Aceh (PA) yang berhasil lolos dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2019

Iskandar Al-Farlaky, Petahana Peraih Suara Terbanyak di PA
Iskandar Al-Farlaky 

BANDA ACEH - Tak banyak anggota DPRA dari Partai Aceh (PA) yang berhasil lolos dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 ini. Dari 16 caleg petahana, hanya enam orang yang berhasil lolos. Salah satunya adalah Iskandar Usman Al-Farlaky dari daerah pemilihan (dapil) VI Aceh Timur.

Berdasarkan hasil pleno rekapitulasi dan penetapan penghitungan suara yang dilakukan KIP Aceh, Ketua Fraksi Partai Aceh ini mendapatkan suara tertinggi dari enam petahana PA lainnya, mencapai 17.416 suara. Perolehan suaranya juga merupakan yang tertinggi dari 23 petahana (semua parpol) yang berhasil terpilih kembali.

Untuk diketahui, mantan wartawan Harian Serambi Indonesia ini mulai terjun ke politik praktis sejak 2014 lalu, dengan mencalonkan diri sebagai anggota DPRA melalui Partai Aceh. Meski demikian, dunia politik bukanlah hal baru bagi mantan aktivis lulusan UIN Ar-Raniry ini. Terbukti, pada Pileg 2014 lalu dia berhasil lolos dengan perolehan 11.306 suara.

Sejak saat itu kiprahnya mulai terlihat. Mantan aktivis kampus ini ini pernah dipercayakan sebagai Ketua Badan Legislasi DPRA. Ia juga masuk dalam jajaran pengurus partai dengan jabatan Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Dewan Pimpinan Aceh Partai Aceh (DPA PA). Iskandar juga sering diundang mengisi berbagai forum diskusi lokal maupun nasional.

Pria berhidung mancung ini juga memiliki jiwa sosial yang tinggi dan dikenal vokal membela serta menyuarakan kepentingan rakyat Aceh. Karenanya, tak berlebihan jika rakyat Aceh Timur kembali memberi kepercayaan kepada pemuda Peureulak yang satu ini.

Perolehan suaranya dalam Pileg 2019 meningkat 50 persen lebih dibanding tahun 2014. Karena itu pula, penurunan kursi PA di dapil VI tak setajam dapil lainnya, di mana dari empat kursi, berkurang menjadi tiga kursi.

Dengan perolehan suara tersebut, Iskandar masuk dalam daftar lima besar caleg PA dengan perolehan suara terbanyak.

Anggota DPRA termuda periode 2014-2019 ini juga merupakan salah satu dari tiga ketua fraksi di DPRA yang kembali lolos. “Ini sebuah kepercayaan dan amanah besar yang harus saya jaga. Terima kasih kepada ulama, tokoh, kader PA/KPA, mahasiswa, pemuda, putroe Aceh, nelayah, petani, dan tim relawan, serta seluruh masyarakat Aceh Timur atas dukungannya. Insyaallah saya akan terus bekerja memberikan yang terbaik bagi Aceh dan masyarakat Aceh Timur,” kata Iskandar saat dimintai tanggapannya di Banda Aceh, Minggu (26/5).

Namanya pun mulai diisukan masuk dalam daftar calon Ketua DPRA periode 2019-2024 bersama Azhar Abdurrahman dari Aceh Jaya, Ismail A Jalil alias Yahwa dari Aceh Utara, Saifuddin Yahya (Pak Cek) dari Aceh Besar. Namun, saat disinggung mengenai hal ini Iskandar enggan berkomentar. “Saya tak mau komentar itu. Biar hal itu diputuskan oleh pimpinan partai,” jawab Iskandar yang piawai menulis dan jago berorasi ini. (yos)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved