Aceh Jaya Raih Opini WTP Ke-6

Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tahun 2018 dari Badan Pemeriksanaan Keuangan (BPK) Perwakilan Prov

Aceh Jaya Raih Opini WTP Ke-6
For Serambinews.com
Penyerahan penghargaan WTP berlangsung di Kantor BPK RI Perwakilan Aceh di Banda Aceh yang diserahkan oleh Plt Kepala Perwakilan BPK Aceh, Syafruddin Lubis yang diterima oleh Bupati Aceh Jaya, T Irfan TB, Senin (27/5/2019). 

Aceh Jaya Raih Opini WTP Ke-6

Laporan Riski Bintang | Aceh Jaya

SERAMBINEWS.COM, CALANG – Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tahun 2018 dari Badan Pemeriksanaan Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Aceh.

Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tahun 2018 tersebut merupakan yang ke 6 kali di raih oleh Aceh Jaya dimana sebelumnya pada tahun 2012, 2014, 2015, 2016 dan 2017 juga memperoleh WTP dari BPK RI.

Pemberian penghargaan berlangsung di kantor BPK RI perwakilan Aceh di Banda Aceh yang diserahkan langsung oleh Plt Kepala Perwakilan BPK Aceh Syafruddin Lubis yang diterima langsung oleh Bupati Aceh Jaya T Irfan TB, Senin (27/5/2019)

Pemberian WTP tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan yang telah dilakukan BPK atas LKPD Kabupaten Aceh Jaya termasuk implementasi rencana aksi yang telah dilaksanakan tahun 2018 lalu.

Plt Kepala Perwakilan BPK Provinsi Aceh, Syafruddin Lubis dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemeriksaan terhadap laporan keuangan bertujuan untuk memberikan opini tentang kewajaran penyajian laporan keuangan.

Opini merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi yang disajikan dalam laporan keuangan.

“Opini yang diberikan oleh pemeriksa, termasuk opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran laporan keuangan bukan merupakan jaminan tidak adanya penyimpangan yang ditemui ataupun kemungkinan timbulnya fraud dikemudian hari. Hal ini perlu disampaikan, mengingat masih banyak terjadinya kesalahpahaman oleh sebagian kalangan mengenai makna Opini BPK,” Jelasnya.

Baca: Truk Tronton Tabrak Beca Barang di Bireuen, Dua Orang Meninggal Dunia

Baca: Tak Dapat Otsus, Pemkab Bangun 4 Pasar Tradisional di Pidie Pakai Dana Ini

Baca: Pria SubulussalamTawarkan Ginjal di Facebook, Demi Turuti Permintaan Istri, Ini Faktanya

Ia menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya telah berhasil mempenahankan Opini WTP selama lima tahun berturut-turut sejak TA 2014. Prestasi ini akan menjadi momentum untuk lebih mendorong terciptanya akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah, sehingga akan menjadi kebanggaan bersama yang patut dipertahankan. 

Sementara itu Bupati Aceh Jaya, T Irfan TB kepada Serambinews.com mangucapkan Alhamdulillah karena Kabupaten Aceh Jaya kembali memperoleh Opini WTP dari BPK RI, yang ke enam kalinya.

Irfan menambahkan bahwa keberhasilan ini tidak terlepas dari kerjasama yang baik antar SKPK yang selalu kooperatif selama tim BPK berada di Aceh Jaya. 

Irfan TB Juga mengucapkan terima kasih kepada semua jajarantermasuk bidang Keuangan (BPKK) Aceh Jaya beserta jajarannya yang telah menyajikan laporan keuangan dengan baik sehingga kita kembali mendapat opini WTP

Irfan menuturkan, terkait ada beberapa catatan yang disampaikan oleh BPK RI pihaknya telah menyahuti bahkan sebelum penyerahan Opini WTP ini.

“Ada beberapa catatan yang di sampaikan tadi kita sudah menyahutinya dan bahkan ada beberapa sudah kita lakukan sebelum penyerahan laporan ini,” tuturnya.(*)

Penulis: Riski Bintang
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved