Dishub Aceh Tengah Lakukan Ramp Check Angkutan Lebaran

Pemeriksaan tersebut, untuk memastikan kelaikan angkutan umum untuk beroperasi pada saat musim mudik lebaran Idul Fitri 1440 hijriah.

Dishub Aceh Tengah Lakukan Ramp Check Angkutan Lebaran
SERAMBINEWS.COM/MAHYADI
Petugas dari Dishub Aceh Tengah, melakukan pemeriksaan bus AKAP angkutan lebaran di Komplek Terminal Terpadu Paya Ilang, Kota Takengon, Selasa (28/5/2019). 

Laporan Mahyadi | Aceh Tengah

SERAMBINEWS.COM, TAKENGON – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Aceh Tengah, bersama dengan Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres setempat, melakukan ramp check (pemeriksaan) angkutan umum Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di Komplek Terminal Terpadu, Paya Ilang, Kota Takengon, Selasa (28/5/2019) sore.

Pemeriksaan tersebut, untuk memastikan kelaikan angkutan umum untuk beroperasi pada saat musim mudik lebaran Idul Fitri 1440 hijriah.

Ramp check tersebut, difokuskan pada beberapa unsur, diantaranya terkait administrasi, teknis utama serta unsur teknis penunjang.

Pemeriksaan pertama dilakukan pada angkutan umum jenis bus trayek AKAP. 

Untuk unsur administrasi, sasaran pemeriksaan ada beberapa item diantaranya terkait kartu uji atau STUK, serta Surat Izin Mengemudi (SIM).

Baca: Ini Titik Rawan Lakalantas yang Harus Diwaspadai Pemudik, Enam di Pidie dan Lima di Pidie Jaya

Baca: Bank Aceh Syariah Cabang Takengon Gelar Buka Puasa Bersama Anak Yatim

Baca: Layani Pemudik, Dua Pos Disiapkan di Aceh Singkil

Sedangkan untuk unsur teknis, pemeriksaan dilakukan pada sistem penerangan atau lampu, sistem pengereman, badan kendaraan, ban, perlengkapan, pengukur kecepatan, penghapus kaca (wiper) dan tanggap darurat.

Sementara untuk teknis penunjang, seperti sistem penerangan, badan kendaraan, kapasita tempat duduk, dan perlengkapan kendaraan diantaranya ban cadangan, segitiga pengaman, dongkrak, pembuka roda dan lampu senter.

“Karena kendaraan ini digunakan sebagai angkutan lebaran, sehingga kita ingin memastikan kondisinya dalam keadaan baik, untuk menjamin keselamatan penumpang di jalan hingga sampai di tujuan,” kata Kadishub Aceh Tengah, Jauhari, kepada Serambinews.com, Selasa (28/5/2019). (*)

Penulis: Mahyadi
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved