Opini

Menjelajah Pesona Alquran

Alquran memberikan pengetahuan yang benar dalam kehidupan ini kepada setiap orang

Menjelajah Pesona Alquran
Dr. Munawar A. Djalil, MA, Pegiat Dakwah dan PNS di Lingkungan Pemerintah Aceh

Oleh Dr. Munawar A. Djalil, MA, Pegiat Dakwah dan PNS di Lingkungan Pemerintah Aceh

Alquran memberikan pengetahuan yang benar dalam kehidupan ini kepada setiap orang. Alquran juga menunjukan rahasia kebenarannya melalui penciptaan Allah dengan penjelasan yang paling benar dan murni. Informasi apa pun yang tidak berdasarkan Alquran adalah informasi yang salah dan merupakan tipuan dan khayalan.

Dalam Al-quran, Allah menjelaskan berbagai rahasia kepada umat manusia. Sesungguhnya semuanya ini merupakan rahasia penting dan hanya mata yang mau memperhatikan dapat menyaksikan rahasia-rahasia ini di dalam kehidupannya. Tidak ada sumber lain selain Alquran yang dapat menjelaskan rahasia ini. Alquran adalah sumber istimewa bagi sebuah rahasia, betapun ia orang yang cerdas dan melek huruf tidak akan menemukan rahasia-rahasia ini di tempat lain.

Jika sebagian orang tidak dapat memahami pesan-pesan yang tersembunyi dalam Alquran, sedang orang lain dapat memahaminya, ini merupakan rahasia lain yang diciptakan Allah Swt. Orang-orang yang tidak mengkaji rahasia-rahasia sebagai wujud kebenaran Alquran dia akan selalu berada dalam kesulitan. Sayangnya, mereka tidak pernah mengetahui penyebab kesulitan mereka.

Dalam pada itu, orang-orang yang mempelajari rahasia-rahasia dalam Alquran menjalani kehidupannya dengan mudah dan gembira. Sebabnya adalah karena Alquran itu jelas, mudah dan cukup sederhana untuk difahami oleh setiap orang. Dalam Alquran, Allah berfirman dalam Surat An-nisa’ ayat 174: “Wahai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu bukti kebenaran dari Tuhanmu dan kami telah menurunkan kepadamu cahaya yang terang benderang”.

Namun demikian, kebanyakan manusia, meskipun mereka sanggup memecahkan masalah yang sangat sulit, memiliki pemahaman dan mampu mempraktekkan filsafat yang sangat membingungkan, ternyata tidak mampu memahami hal-hal yang jelas yang terdapat dalam Alquran.

Rahasia-rahasia kebenaran dalam Alquran merupakan rahmat bagi orang beriman, dan di sisi lain, Alquran memberi ancaman bagi orang kafir. Allah berfirman dalam Surat Al-Isra ayat 82: “Dan kami turunkan dari Alquran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Alquran itu hanya akan menambah kerugian bagi orang-orang yang zalim”.

Semenjak orang bangun pada pagi hari, wujud dari rahasia-rahasia yang diciptakan ini dapat dilihat. Dengan memperhatikan alam sekitar kita misalnya akan menemukan kebenaran itu. Tidak ada kebaikan di dalam aturan-aturan yang digunakan kebanyakan orang selama berabad-abad yang dianggap sebagai kebenaran yang pasti.

Kebenaran adalah apa yang dinyatakan dalam Alquran. Allah berfirman dalam Surat Fushilat ayat 53: “Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda kekuasaan kami di segenap ufuk dan dari diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa Alquran itu benar”.

Yang sangat menyedihkan adalah jangankan untuk memahami rahasia kebenaran yang terkandung dalam Alquran, tidak semua orang Islam memiliki Mushaf Alquran di rumahnya sendiri. Apakah keluarga muslim yang memiliki telah mampu membaca kitab suci ini? Diduga keras jawabanya adalah “belum”! Apakah setiap muslim yang mampu membacanya mengetahui isi kandungan Alquran serta fungsi kehadirannya di tengah-tengah umat? Sekali lagi, jawaban yang diduga serupa dengan yang sebelumnya.

Halaman
123
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved