Para Pekerja Freeport Shalat Tarawih di Masjid Terdalam di Dunia, Kedalaman 1.700 Meter

Para pekerja tambang tersebut menunaikan shalat tarawih di Masjid Baabul Munawwar yang berada di kedalaman 1.700 meter dari permukaan bumi.

Para Pekerja Freeport Shalat Tarawih di Masjid Terdalam di Dunia, Kedalaman 1.700 Meter
Dok. Humas Inalum
Para pekerja PT Freeport Indonesia menunaikan ibadah shalat isya dan tarawih pada bulan Ramadhan 2019 di Masjid Baabul Munawwar yang terletak 1.700 meter dari permukaan bumi. (Dok. Humas Inalum) 

SERAMBINEWS.COM - Selama bulan Ramadhan, kaum muslim berpuasa dan melakukan shalat tarawih selepas isya.

Ibadah shalat tarawih berjamaah biasanya dilakukan di surau atau masjid terdekat kantor atau rumah.

Tapi, lain cerita bila ibadah shalat tarawih dilakukan di lokasi yang tak lumrah, di perut bumi misalnya.

Inilah yang dialami para karyawan PT Freeport Indonesia.

Para pekerja tambang tersebut menunaikan shalat tarawih di Masjid Baabul Munawwar yang berada di kedalaman 1.700 meter dari permukaan bumi.

Masjid yang berlokasi di Tembagapura, Timika, Papua itu diresmikan pada Juni 2016.

Manajemen PT Freeport Indonesia sengaja membangun tempat ibadah di perut bumi agar para karyawan bisa menunaikan shalat 5 waktu.

S
Para pekerja PT Freeport Indonesia berbuka puasa di Masjid Baabul Munawwar yang terletak 1.700 meter dari permukaan bumi pada bulan Ramadhan 2019 .(Dok. Humas Inalum)

Para pekerja yang berada di salah satu lokasi tambang terbesar di Indonesia itu juga biasa berbuka puasa bersama di masjid yang bermakna “pintu tempat cahaya” tersebut.

“Adapun untuk kegiatan selama bulan Ramadan, kita usahakan setiap hari Jumat itu paling tidak seminggu sekali kami adakan buka bersama di Masjid Baabul Munawwar,” ujar Budi Sutrisna, karyawan PT Freeport Indonesia yang juga merupakan pengurus Masjid Baabul Munawwar dalam siaran tertulis, Selasa (28/5/2019).

Sehari-hari, Budi bertugas sebagai general foreman di Deep Mill Level Zone (DMLZ) atau tambang bawah tanah PT Freeport Indonesia.

Halaman
1234
Editor: faisal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved