Terdakwa Kasus Calo CPNS Berkeliaran di Luar Tahanan, Ini Alasan Wakil Ketua PN Pijay

Terdakwa kasus Calo CPNS kerap terlihat berkeliaran di pusat perbelanjaan di kabupaten itu.

Terdakwa Kasus Calo CPNS Berkeliaran di Luar Tahanan, Ini Alasan Wakil Ketua PN Pijay
SERAMBINEWS.COM/IDRIS ISMAIL
Tim Kejaksaan Negeri Pidie Jaya (Pijay) resmi menahan tersangka penipuan dan penggelapan Calo CPNS, Maimun Musa (38) alias Maimun Raja Pante (dua kiri), Rabu (10/4/2019) siang di Kantor Kejari Pijay. 

Laporan Idris Ismail | Pidie Jaya 

SERAMBINEWS.COM, MEUREUDU - Terdakwa kasus calo penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)  di Jaya (Pijay), Maimun Musa, dalam beberapa hari terakhir kerap terlihat berkeliaran di pusat perbelanjaan di kabupaten itu.

Padahal yang bersangkutan selama ini menjadi penghuni Rumah Tahanan (Rutan)  Kelas II Benteng, Kota Sigli, Pidie, karena masih menjalani sidang perkara penipuan terhadap Anita Selfitri (26), dengan meraup ratusan juta rupiah dengan iming-iming dapat menjadikannya CPNS di RSUZA Banda Aceh pada 2018 lalu. 

Pihak keluarga korban, Nazar, mempertanyakan kenapa terdakwa yang selama ini masih ditahan, bisa wara-wiri di luar Rutan. Sementara yang bersangkutan berstatus tahanan. 

"Hal ini sangat memperburuk citra penegakan hukum. Atas temuan ini, pihaknya akan mengadukan kembali pada lembaga hukum Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA)," sebut Nazar.  

Wakil Ketua PN Pijay, Deny Saputra SH MH yang dikonfirmasi Serambinews.com,  Kamis (30/5/2019) mengaku, terdakwa kini berstatus tahanan kota.

Pengabulan permohonan alih tahanan dari Rutan Kelas II Benteng Kota Sigli menjadi status tahanan kota ini, berdasarkan permohonan terdakwa yang mengaku menderita sakit maag akut. 

"Permohonan status tahanan kota ini kami kabulkan setelah mempertimbangkan beberapa hal, di antaranya dia bersikap koorperatif dan dalam beberapa kali persidangan tetap hadir," jelasnya.

Menurut Deni, pengabulan permohonan ini tanpa ada permainan uang suap antara terdakwa dengan PN Pijay.

"Ini murni karena pertimbangan kemanusiaan," kilahnya.(*)

Baca: Tanya Tujuan Prabowo ke Dubai, Luhut: Kenapa Kau ke Luar Negeri? Pasti Banyak Kantongkan

Baca: Pecahkan Kaca Mobil, Pencuri Gasak Uang Rp 200 Juta Milik Caleg DPR RI

Baca: Selingkuh dengan Tetangga, Suami Bunuh Istri Secara Brutal dan Bawa Kepalanya ke Kantor Polisi

Penulis: Idris Ismail
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved