Ikan Teri Berhamburan di Pantai Gampong Jawa, Ini Kesimpulan dari Panglima Laot

Fenomena ribuan ikan teri (bileh, dalam bahasa Aceh) yang berhamburan di pantai Gampong Jawa, Kecamatan Kutaraja, Banda Aceh, Rabu (29/5/2019)...

Ikan Teri Berhamburan di Pantai Gampong Jawa, Ini Kesimpulan dari Panglima Laot
SERAMBINEWS.COM/MISRAN ASRI
Sekretaris Panglima Laot Aceh, Miftah Cut Adek 

Ikan Teri Berhamburan di Pantai Gampong Jawa, Ini Kesimpulan dari Panglima Laot

Laporan Misran Asri | Banda Aceh 

 

SERAMBINEWS.CIOM, BANDA ACEH - Fenomena ribuan ikan teri (bileh, dalam bahasa Aceh) yang berhamburan di pantai Gampong Jawa, Kecamatan Kutaraja, Banda Aceh, Rabu (29/5/2019) menaruh tanda tanya besar dari banyak orang termasuk para kalangan.

Terkait fenomena ribuan ikan teri yang terdampar di pinggir pantai tersebut juga mengundang perhatian dari Lembaga Panglima Laot Aceh, Jumat (31/5/2019). 

Sekretaris Panglima Laot Aceh, Miftah Cut Adek kepada Serambinews.com.  Menurutnya, terkait dengan munculnya ikan teri di pantai Gampung Jawa, ada beberapa teori dan hal yang mendasari  ikan teri berhamburan ke pantai. 

"Penyebanya bisa jadi pada saat ikani-ikan teri  ini sedang bergerombalan dalam jumlah yang banyak dikejar atau  diserang oleh predator besar, ikan paus atau ikan hiu atau predator lainnya dalam bentuk besar," kata Miftah.

 

Baca: Seorang WNI Terkait Kelompok ISIS Ditangkap di Malaysia, Polri Kirim Tim Densus 88

Baca: Jadi Buronan Terkait Penyerangan, Selebgram Bertato Ini Justru Ejek Polisi

Baca: Besi Penutup Lubang Drainase Jalan Irian Blangpidie Banyak yang Hilang, Siswa Sering Terperosok

 

Teori lainnya, ungkap Miftah, bisa jadi meledaknya pertumbuhan plankton yang mengakibatkan populasi ikan teri dalam kurun waktu tertentu mengalami pertumbuhan yang luar biasa.

Karena hidupnya bergerombol ada kemungkinan keadaan perubahan alam yang secara tiba-tiba, berupa ombak atau arus yang mengarah ke pantai, demikian Sekretaris Panglima Laot Aceh, Miftah Cut Adek.(*)

Penulis: Misran Asri
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved