Breaking News:

ASN Pemko Banda Aceh Mengikuti Upacara Hari Kelahiran Pancasila

Ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terdiri dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan tenaga Non PNS di jajaran Pemerintah Kota Banda Aceh mengikuti...

Penulis: Jalimin | Editor: Jalimin
For Serambinews.com
Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman SE Ak MM mempimpin upacara peringatan Hari Kelahiran Pancasila tahun 2019 di halaman kantor balai kota setempat, Sabtu (1/6/2019) 

ASN Pemko Banda Aceh Mengikuti Upacara Hari Kelahiran Pancasila

Laporan Jalimin | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terdiri dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan tenaga Non PNS di jajaran Pemerintah Kota Banda Aceh mengikuti upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila, Sabtu (1/6/2019) di halaman Balai Kota Banda Aceh.

Bertindak sebagai pembina upacara, Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman. Upacara ini juga turut dihadiri Wakil Wali Kota, Zainal Arifin, Sekdakota Bahagia, para Asisten dan seluruh Kepala SKPK jajaran Pemko Banda Aceh.

Pantauan di lapangan, ribuan PNS dan Non PNS kota Banda Aceh sudah mulai berdatangan ke Balai Kota sejak pukul 07:30 WIB. Upacara kemudian dimulai tepat pukul 08.00 Wib. Ribuan PNS tampak berbaris rapi dengan menggunakan PDH di halaman Balai Kota.

Para ASN Pemko Banda Aceh saat mengikuti peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman kantor wali kota setempat, Sabtu (1/6/2019).
Para ASN Pemko Banda Aceh saat mengikuti peringatan Hari Kelahiran Pancasila di halaman balai kota setempat, Sabtu (1/6/2019). (For Serambinews.com)

Upacara Hari Kelahiran Pancasila ini diperingati serentak di seluruh Indonesia. Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman sebagai pembina upacara juga membacakan sambutan Plt Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia, Hariyono.

Dalam sambutan yang dibacakan Wali Kota, disebutkan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para ‘pendiri bangsa’ merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

Walaupun sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, tetap harus diakui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila.

Dengan memperingati hari kelahiran Pancasila, diharapkan dapat membangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. Pancasila sebagai

Baca: Mengerikan, Gunakan Headset Saat Masuk Lift Kantor, Wanita Ini Tersangkut dan Terpenggal Kepalanya

Baca: Yonif RK 114/SM Berikan Santunan Kepada Fakir Miskin

Baca: Motivasi Petugas, Ketua Bhayangkari Lhokseumawe Kunjungi Pos Lebaran Hingga Gunung Salak

“Leitstars dinamis”, bintang penuntun mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi, arah perjuangan dan pembangunan bangsa ke depan. Sebagai energi positif bangsa, Pancasila terus memberikan harapan untuk masa depan, khususnya dalam merealisasi visi dan misi bangsa Indonesia.

Dalam sambutan Hariyono tersebut, juga disebutkan melalui peringatan Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, kita Pancasila,” ujar Aminullah membacakan sambutan Plt Kepala BPIP Republik Indonesia.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved