Peringatan Dini Bencana Longsor di 22 Kabupaten di Aceh, Ini Penjelasan BPBA

PVMBG mengeluarkan peringatan dini potensi akan terjadinya tanah bergerak/longsor di Aceh untuk bulan Juni 2019.

Peringatan Dini Bencana Longsor di 22 Kabupaten di Aceh, Ini Penjelasan BPBA
SERAMBINEWS.COM/ZAINUN YUSUF
Badan jalan aspal dari dan ke Makodim 0110 Abdya di lokasi Lhok Kayee Matee, Blangpidie, nyaris putus, Sabtu (23/3/2019) akibat peristiwa longsor yang semakin parah. Bila tidak segera ditangani, bukan saja memutuskan akses jalan, tapi saluran Irigasi Krueng Susoh di lokasi terancam ambruk. 

Laporan Subur Dani | Banda Aceh   

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Badan Geologi pada Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), mengeluarkan peringatan dini potensi akan terjadinya tanah bergerak/longsor di Aceh untuk bulan Juni 2019.

Bahkan menurut Badan Geologi, fenomena tanah bergerak berpotensi terjadi di 22 Kabupaten di Aceh.

Badan Geologi juga merilis nama sejumlah kecamatan di 22 kabupaten/kota di Aceh yang berpotensi akan terjadinya tanah longsor.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), T Ahmad Dadek yang dikonfirmasi Serambinews.com, Sabtu (1/6/2019) mengatakan, masyarakat diminta waspada jika ada retakan tanah yang berpotensi terjadi di permukiman.

"Jika ada pergerakan tanah/longsor di  permukiman, segera lakukan evakuasi. Bagi pengguna jalan terutama di wilayah tengah dan menuju ke Nagan Raya dari Pidie, serta di beberapa titik Meulaboh, Banda Aceh dan Tapak Tuan ke Medan, agar waspada dan selalu melihat informasi melalui media massa dan media sosial," katanya.

BPBA juga akan mengupdate informasi dan telah menyiagakan pusdalops selama 24 jam untuk memantau perkembangan, khususnya dalam rangka mudik Idul Fitri tahun ini.

"Kepada pemilik jalan di kabupaten dan nasional, kami juga minta mereka menyiagakan alat berat untuk mengantisipasi longsor tersebut," kata T Ahmad Dadek.(*)

Baca: BREAKING NEWS: Ani Yudhoyono Meninggal Dunia

Baca: Kivlan Zen dan Soenarko Diduga Makar, Jokowi Undang Sejumlah Purnawirawan TNI ke Istana

Baca: Mahfud MD Komentari Soal Target Pembunuhan 4 Pejabat: Kalau Itu Korbannya akan Jadi Lebih Seru

Penulis: Subur Dani
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved