Breaking News:

Ani Yudhoyono Meninggal Dunia

Inna Lillahi wa Inna Ilaihi Rajiun. Kristiani Herrawati yang dikenal dengan panggilan akrab Ani Yudhoyono

Ani Yudhoyono Meninggal Dunia
IST

BANDA ACEH - Inna Lillahi wa Inna Ilaihi Rajiun. Kristiani Herrawati yang dikenal dengan panggilan akrab Ani Yudhoyono atau Bu Ani, Istri Presiden ke-6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, meninggal dunia, Sabtu (1/6). Mantan Ibu Negara ini mengembuskan napas terakhir pada usia 67 tahun di National University Hospital (NUH) Singapura sekitar pukul 11.50 waktu Singapura.

Kabar meninggalnya Ani Yudhoyono langsung tersebar melalui jejaring sosial media sejak pukul 11.00 WIB kemarin. Serambi memeroleh kabar duka tersebut dari tim humas keluarga Presiden ke-6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang selama empat bulan terakhir kerap mengupdate kondisi kesehatan Ani Yudhoyono.

Seperti diketahui, sejak Februari 2019, Ani Yudhoyono harus menjalani perawatan intensif di National University Hospital (NUH) Singapura karena mengidap penyakit kanker darah. Ani Yudhoyono mengalami sakit setelah pulang mendampingi suaminya, SBY melakukan tour politik ke Sumatera Utara dan Aceh akhir Januari lalu.

Berbulan-bulan, Ani Yudhoyono dirawat intensif, kondisi fisiknya pun berubah naik turun. Bahkan, Ani benar-benar diisolasi di rumah sakit tersebut, tidak boleh dikunjungi langsung ke dalam kamar rawat inap. Sejumlah tokoh negara, termasuk Presiden Indonesia, Joko Widodo sempat membezuk saat Ani dirawat di rumah sakit di Singapura.

Putra sulung SBY, Agus Harimurthi Yudhoyono (AHY), dalam keterangan pers yang diterima Serambi, kemarin mengatakan, jenazah almarhumah Ani Yudhoyono dimandikan kemarin dan sempat disemayamkan sementara di Kedutaan Besar RI di Singapura. “Malam ini juga (tadi malam-red), sekitar pukul 19.30 Waktu Singapura, jenazah Ibu Ani diterbangkan ke Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, menggunakan pesawat TNI AU, jenis Hercules C-130,” kata AHY.

Jenazah almarhumah diantar ke persemayaman terakhir di kediaman keluarga SBY di Cikeas, untuk memberi kesempatan bagi para sahabat dan masyarakat yang ingin menyampaikan duka cita. “Besok siang (siang ini-red), insya Allah jenazah almarhumah Ibu Ani Yudhoyono akan dimakamkan dengan upacara kehormatan militer di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, sebagai penghormatan terakhir. Sebab, semasa hidupnya, beliau pernah menerima Bintang Mahaputra Adipradana,” kata AHY.

Mewakili ayahnya dan keluarga besar Yudhoyono, AHY mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas perhatian dan ucapan duka cita dari para sahabat maupun masyarakat Indonesia, terkait meninggalnya Ibu Negara ke-6 RI Hj Kristiani Herrawati binti Sarwo Edhie Wibowo.

AHY mengatakan, ibunya berjuang melawan kanker darah, yang baru terdeteksi pada pertengahan Februari lalu. Ia juga mengatakan, ayahnya SBY dan keluarga selalu mendampingi. “Perhatian dan doa dari para sahabat maupun masyarakat Indonesia, serta upaya medis terbaik yang dilakukan tim dokter kepresidenan dan tim dokter National University Hospital (NUH) Singapura, membuat Ibu Ani selalu bersemangat, berjuang dari hari ke hari, untuk sembuh. Namun, Allah SWT punya kehendak yang lebih baik bagi Ibu Ani,” ungkapnya.

Atas nama keluarga, AHY memohon maaf yang sebesar-besarnya sekiranya ada ucapan atau tindakan almarhumah ibunya yang mungkin pernah mencederai perasaan masyarakat Indonesia pada umumnya. “Kami mohon doa agar Allah SWT mengampuni dosa beliau dan melapangkan kubur beliau. Kami, anak-anaknya, menyaksikan bahwa Ibu Ani adalah seorang muslimah yang baik, yang selalu memperhatikan Bapak SBY dan kami, anak-anak, menantu dan cucu-cucu beliau serta masyarakat Indonesia,” pungkas AHY.(dan)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved