Bupati Aceh Besar Serahkan Tabungan dan ATM ProAbes

Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali, menyerahkan buku tabungan dan ATM kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bantuan sosial Program Aceh Besar Sejahtera..

Bupati Aceh Besar Serahkan Tabungan dan ATM ProAbes
HUMAS PEMKAB ACEH BESAR
Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali, menyerahkan secara simbolis buku tabungan dan ATM kepada masyarakat penerima bantuan ProAbes di Gampong Leugeu, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar, Sabtu (1/6/2019). 

Bupati Aceh Besar Serahkan Tabungan dan ATM ProAbes 

Laporan Jalimin | Aceh Besar 

SERAMBINEWS.COM, KOTA JANTHO - Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali, menyerahkan buku tabungan dan ATM kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bantuan sosial Program Aceh Besar Sejahtera (ProAbes) di Gampong Leugeu, Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar, Sabtu, (1/6/2019).

Hadir dalam kegiatan itu, Kadishub Aceh Besar Azhari AW SE, Plt Kadis Sosial Aceh Besar Drs Rusdi, Camat Darul Imarah Drs. Syarifuddin, dan tokoh-tokoh masyarakat.

Bupati Mawardi mengatakan, Program ProAbes tersebut bukan program membuat orang menjadi kaya. Namun, program pemerintah ini bertujuan mengurangi beban bagi warga miskin di Aceh Besar.

Baca: Idul Fitri, Persiraja Liburkan Pemain, Ini Jadwal Bergabung Kembali

Baca: Pemkab Aceh Besar Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila

Baca: ASN Pemko Banda Aceh Mengikuti Upacara Hari Kelahiran Pancasila

"Kami sedang concern dalam pemberantasan kemiskinan, dimana angka kemiskinan di Aceh Besar masih bertahan di 14 persen. Untuk itu dengan bantuan ProAbes salah satu upaya pemerintah menurunkan angka kemiskinan,” ujarnya.

Melalui program itu, Pemkab Aceh Besar berharap setiap tahunnya mampu menurunkan angka kemiskinan di Aceh Besar. “Targetnya dalam kurun waktu lima tahun ini, program ProAbes bisa terlihat adanya manfaat bagi masyarakat dan upaya pengurangan angka kemiskinan," harap Mawardi Ali.

Bupati Mawardi Ali menjelaskan bahwa penerima bantuan ProAbes merupakan golongan yang sangat miskin, yang tidak lagi memiliki potensi mencari nafkah. “Bantuan ini kita tujukan kepada masyarakat yang sangat miskin, sudah sangat uzur, yang memang tidak bisa lagi mencari rezeki,” tandasnya.

Para penerima KPM ini, lanjut Mawardi, adalah masyarakat yang belum tertampung dalam Program Keluarga Harapan (PKH) Kementerian Sosial RI dan bantuan dari Baitul Mal.

"Mereka PKM ProAbes dipilih yang bukan penerima bantuan lain dari pemerintah agar tidak tumpang tindih. Bahkan kalau ada penerima manfaat ini sudah sejahtera, maka akan diberikan kepada yang lain,” pungkas Mawardi Ali.

Sementara itu Koordinator Bidang Humas dan SDM ProAbes, Teddy Helvan kepada wartawan menjelaskan,  jumlah total penerima bantuan ProAbesvtahun ini 5000 KPM. "Tahun ini, Program Aceh Besar Sejahtera akan menyiapkan dana sebesar 9 Milyar yang bersumber dari APBK tahun 2019," ungkapnya.

Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali, menyerahkan secara simbolis buku tabungan dan ATM kepada masyarakat penerima bantuan ProAbes di Gampong Leugeu, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar, Sabtu (1/6/2019).
Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali, menyerahkan secara simbolis buku tabungan dan ATM kepada masyarakat penerima bantuan ProAbes di Gampong Leugeu, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar, Sabtu (1/6/2019). (SERAMBINEWS.COM/JALIMIN)

Untuk gelombang pertama ini penerima manfaat akan mendapat dana sebesar Rp 720 ribu rupiah. Gelombang kedua dan tiga masing-masing Rp 540 ribu akan dibagikan September serta Desember 2019 mendatang. “Jadi, mereka akan mendapat uang dari program ini sebesar Rp 1,8 juta per KPM” tegas Teddy.

Menurutnya, program ProAbes merupakan salah satu program dibawah kepemimpinan Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali dan Wakil Bupati Tgk H Husaini A Wahab terus berupaya meakomodir semua masyarakat miskin yang belum tersentuh program bantuan dana yang bersumber dari APBN.

“Kita pastikan akan tercover semua, Insya Allah tidak akan tumpang tindih, kalau pun nanti kita temukan ada yang mendapat bantuan ganda, segera kita coret dari ProAbes,” tegas Teddy Helvan.(*)

Penulis: Jalimin
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved