Bertambah Dua Orang, Dua Lainnya Mengundurkan Diri, CJH Abdya Tersisa 81 Calon Jamaah 

Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) tahun 1440 H/2019 M sebenarnya berjumlah 83 orang.

Bertambah Dua Orang, Dua Lainnya Mengundurkan Diri, CJH Abdya Tersisa 81 Calon Jamaah 
capture video
Jamaah haji melaksanakan lempar jumrah, Selasa (21/8/2018). 

Laporan Zainun Yusuf | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) tahun 1440 H/2019 M sebenarnya berjumlah 83 orang.

Namun dua CJH lainnya yang sudah melunasi  Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 1440 H/2019 M tahap ketiga yang berakhir 29 Mei lalu akhirnya mengundurkan diri sehingga yang tersisa tetap 81 calon jamaah. 

Kepala Kankemenag Kabupaten Abdya, Dr H Iqbal Muhammad SAg MAg melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU), Muhammad Yatim MA dihubungi Serambinews.com, Senin (3/6/2019) menjelaskan, dua CJH yang bertambah setelah mendapat kuota tambahan (pelunasan BPIH tahap ketiga), masing-masing Nurmala Minin dari Desa Pinang, Kecamatan Susoh, dan Nyak Sarong Nyak Dandam dari Desa Lhang, Kecamatan Setia.

Kedua JCH kategori lanjut usia (lansia) itu sudah melunasi BPIH tahap ketiga yang berakhir 29 Mei lalu. Dengan bertambah 2 calon jamaah itu, maka jumlah CJH Abdya menjadi 83 orang.

Tetapi, 2 CJH lainnya yang melunasi BPIH tahap kedua lalu akhirnya mengundurkan diri, yaitu  Marijam dari Desa Seuneulop, Kecamatan Manggeng mengundurkan diri karena sakit berat, dan Mawardi (pendamping Marijam) dengan sendirinya tidak bisa berangkat menunaikan ibadah haji tahun ini.

Menurut keterangan, calon jamaah haji kelompok terbang (kloter) 1 akan masuk Asrama Haji embarkasi Aceh mulai Selasa (23/7/2019) malam, dan bertolak ke Tanah Suci pada Rabu (24/7/2019) mendatang.

Diberitakan sebelumnya, CJH Kabupaten Abdya melunasi BPIH pada pelunasan tahap I sejumlah 72 orang, kemudian  bertambah 12 orang pada pelunasan tahap kedua  sehingga menjadi 84 orang.

Menurut  Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU), Muhammad Yatim MA pertambahan CJH sebanyak 12 orang pada pelunasan BPIH tahap kedua setelah Kementerian Agama RI menyetujui usulan  calon jamaah lanjut usia (lansia) 4 orang, usulan penggabungan mahram sebanyak 7 orang dan 1 orang yang sudah haji.

Baca: Pelunasan Biaya Haji Tahap Ketiga Ditutup, Ini Jumlah CJH yang Sudah Lunasi BPIH

Baca: Dua CJH Pidie Meninggal Dunia

Baca: CJH Abdya Jadi 84 Orang, Masih Ada Kemungkinan Bertambah Lagi

Usulan jamaah lanjut usia diusulkan 30 orang, namun yang disetujui 4 orang, yaitu Basyariah dari Blangpidie, Zawiyah dari Lembah Sabil, Marijam dari Manggeng, dan Mawardi (pendamping Marijam) dari Manggeng.

Kemudian, usulan penggabungan mahram yang mengajukan 7 orang juga mendapat persetujuan Kementerian Agama. Terdiri dari usulan penggabungan anak dan orang tua 4 orang, yaitu Cut Sri Mawaddah dan Murnida dari Susoh, Desrindra Kelana dari Blangpidie dan Armida dari Babahrot.

Penggabungan suami istri 3 orang, yaitu Taufiqurrahman, Darman dan Sulaiman dari Blangpidie. Sedangkan yang pernah haji dapat  melunasi BPIH adalah Cut Nilawati dari Keude Siblah, Blangpidie.

Namun, jumlah CJH Kabupaten Abdya 2019 yang sudah mencapai 84 orang, kemudian 3 diantaranya mengajukan mutasi ke Banda Aceh, yaitu Murnida dari Susoh serta RA Surya Wulan dan Desrindra Kelana dari Keude Siblah, Blangpidie sehingga JCH Abdya untuk sementara saat ini 81 orang. (*)

Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved