Tempat Wisata di Bener Meriah yang Wajib Dikunjungi  

Kabupaten Bener Meriah memang terkenal sebagai salah satu pemasok kopi Arabika terbesar di Indonesia

Tempat Wisata di Bener Meriah yang Wajib Dikunjungi   
Para peserta Ekspedisi Burni Telong menikmati panorama Kabupaten Bener Meriah dari ketinggian 2.623 MDPL. Kegiatan pendakian puncak Gunung Merapi Burni Telong, merupakan rangkaian kegiatan GAMIFest 2018. Foto dok Dinas Pariwisata Bener Meriah. 

REDELONG - Kabupaten Bener Meriah memang terkenal sebagai salah satu pemasok kopi Arabika terbesar di Indonesia. Namun tahu kah Anda, Bener Meriah yang berada di pedalaman Aceh ini ternyata memiliki banyak objek wisata yang wajib dikunjungi. Objek wisata itu meliputi pemandian air panas, pendakian gunung, hingga air terjun.

Namun sebelum itu, perlu diketahui bahwa Bener Meriah merupakan pintu awal untuk memasuki wilayah tengah Aceh yang terkenal dengan Dataran Tinggi Gayo (DTG), yang terkenal akan indahnya pemandangan alam dan eksotisnya hutan Leuser.

Berikut ini tempat wisata di Bener Meriah yang bisa dikunjungi. Pertama, pemandian air panas. Tempat wisata ini memang paling terkenal di Bener Meriah, setidaknya ada tiga lokasi pemandian yang bisa dikunjungi. Dua di antaranya berada di Wih Pesam, Kecamatan Wih Pesam. Dengan fasilitas yang cukup memadai tempat ini selalu dipenuhi oleh para wisatawan.

Kemudian pemandian air panas yang berada di Bandar Lampahan, Kecamatan Timang Gajah. Pilihan utama wisatawan ke pemandian ini dikarenakan sebagai tempat menghangatkan badan, setelah melakulan perjalanan. Soalnya kondisi cuaca di Bener Meriah cukup untuk membuat badan menggigil.

Selanjutnya, Air Terjun Ten Saran Bidin. Air terjun ini bisa dibilang salah satu air terjun terindah yang ada di Aceh, karena sangat memukau dan alami. Tempat wisata ini berada di desa Ten Saran Bidin, Kecamatan Bandar, atau sekitar 35 kilometer dari pusat kota Redelong dengan jarak tempuh sekira 40 menit perjalanan.

Untuk sampai di air terjun, wisatawan harus berjalan setapak dari titik parkiran kendaraan. Bahkan, hanya sekedar untuk meilhatnya kita harus berusaha ekstra, karena harus bersusah payah untuk mencapainya karena air terjun ini berada tebing tinggi dan harus melewati rerimbunan pohon yang masih alami dengan kondisi menanjak dan menurun.

Bagi yang tak punya nyali dan tenaga kurang, dipastikan hanya bisa pasrah dan cukup hanya mendengar gemuruh air dari kejauhan. Sementara bagi yang sampai, rasa lelah akan terobati dengan memukaunya pemandangan yang tersajikan. Air terjun dengan ketinggian puluhan meter ini, memancarkan air dari puncak tebing dan membuat kita seakan dikelilingi embun tebal.

Di Bener Meriah juga ada objek wisata yang menawarkan petualangan. Bagi traveller yang berjiwa petualangan dan menyukai tantangan, pendakian gunung merapi Burni Telong merupakan destinasi favorit bagi pecinta alam. Dengan ketinggian 2.670 dari permukaan laut, gunung ini menawarkan keindahan alam yang menawan dan beragam.

Di kaki gunung kita akan disungguhi hamparan perkebunan kopi milik masyarakat. Di lokasi ini juga masih memiliki hutan belantara dan bunga yang termasuk langka, yakni Edelweis atau bunga abadi. Tak ayal, objek wisata ini bukan hanya dikunjungi wisatawan setempat tetapi juga menjadi incaran wisatawan dari luar daerah dan mancanegara.(Muslim Arsani)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved