32 Puskesmas Siaga 24 Jam

Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh Utara memastikan 32 Puskesmas yang berada dalam 27 kecamatan di kabupaten

32 Puskesmas Siaga 24 Jam
SERAMBI/SAIFUL BAHRI
KAPOLRES Lhokseumawe, AKBP Ari Lasta Irawan meninjau Pos Mudik di Terminal Tipe A Cunda, Senin (3/6/). Polres Lhokseumawe mendirikan empat pos mudik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. 

LHOKSUKON – Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh Utara memastikan 32 Puskesmas yang berada dalam 27 kecamatan di kabupaten setempat, akan tetap siaga 24 selama Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah. Bahkan, sembilan Puskesmas yang berada di pinggir jalan nasional diminta lebih siaga.

“Semua Unit Gawat Darurat (UGD) di 32 Puskesmas harus selalu siaga selama lebaran dan tidak pernah tutup. Bahkan, ada daftar jaga petugas di setiap Puskesmas,” ungkap Plt Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara, Khalmidawati kepada Serambi, Senin (3/6). Selain itu, ada beberapa petugas medis yang sudah bergabung dengan posko ketupat lebaran.

Posko tersebut, kata Khalmidawati, berada di kawasan Geudong, Kecamatan Samudera, Lhoksukon, Tanah Jambo Aye, dan Dewantara. Namun, untuk tahun ini tidak disediakan posko khusus bagi relawan Public Safety Center (PSC) nomor 119. Karena, para relawan tersebut sudah bergabung dengan Puskesmas tempat mereka bertugas.

Menurutnya, semua Puskesmas tetap siaga 24 jam seperti biasa. Akan tetapi, untuk Puskesmas yang berada di lintas jalan nasional supaya lebih fokus terhadap berbagai kemungkinan seperti kecelakaan. Masing-masing di Tanah Jambo Aye, Baktiya, Baktiya Barat, Lhoksukon, Syamtalira Aron, Samudera, Syamtalira Bayu, Dewantara dan Muara Batu.

“Karena itu, saya sampaikan kepada semua kepala Puskesmas terutama yang berada di jalan nasional supaya memastikan petugas medis agar siaga 24 jam. Saya nantinya akan mengawasi langsung, dan hal tersebut juga sering saya sampaikan dalam grup (WhatssAp),” ujar Khalmidawati.

Ditambahkan, pihaknya juga memastikan stok berbagai obat masih mencukupi di semua Puskesmas. Apalagi, selama ini yang membuat perencanaan kebutuhan obat pihak Puskesmas. Kemudian, Puskesmas juga sudah kembali menambah stok meski persediaan masih ada. “Kemarin kita sampaikan untuk mengambil obat bila ada yang kurang,” pungkas Khalmidawati.

Kapolres Aceh Utara, AKBP Ian Rizkian Milyardin melalui Kasat Reskrim, Iptu Rezki Kholiddiansyah kepada Serambi kemarin menyebutkan, untuk mengantisipasi terjadinya kriminalitas di sejumlah titik yang rawan, pihaknya sudah menyebar anggota tanpa seragam beberapa hari lalu. Hal ini untuk memastikan kondisi aman.

“Petugas tanpa seragam itu sudah sepekan lebih kita sebar. Mereka akan terus mengawasi terjadi berbagai kemungkinan sampai arus balik nantinya. Karena itu, warga yang mudik tidak perlu khawatir. Namun, tetap berhati-hati saja dalam perjalanan,” tutup Kasat Reskrim.(jaf)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved