Danau Bungara Destinasi Wisata Selama Lebaran

Objek wisata Danau Bungara di Kecamatan Kota Baharu, Aceh Singkil direkomendasikan menjadi tujuan

Danau Bungara Destinasi Wisata Selama Lebaran
IST
PERAHU gandeng siap mengantar wisatawan untuk berkeliling Danau Bungara, salah satu objek wisata favorit di Kecamatan Kota Baharu, Aceh Singkil 

SINGKIL - Objek wisata Danau Bungara di Kecamatan Kota Baharu, Aceh Singkil direkomendasikan menjadi tujuan untuk mengisi libur panjang Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah. Danau terluas kedua di Aceh itu merupakan lokasi mengasyikkan berlibur bersama keluarga.

Danau Bungara bisa dinikmati sambil duduk di warung yang tersedia di sepanjang pinggir danau. Bisa juga dengan menggelar tikar di bawah pohon rimbun sambil menikmati hidangan yang dibawa dari rumah bersama keluarga. Namun, yang paling mengasyikkan sekaligus diburu para wisatawan adalah berkeliling mengitari gugusan pulau kecil di tengah Danau Bungara menggunakan perahu. Mulai tahun ini, warga setempat ikut menyediakan atraksi baru berupa perahu gandeng yang telah dimodifikasi sedemikian rupa. Dua perahu diletakan sejajar kemudian di atasnya dipasang papan yang dilengkapi pagar bercat warna warni plus tenda agar penumpang tak kepanasan.

Alat transportasi yang dirancang Hasan Basri Lingga, seorang pegiat wisata di Danau Bungara itu, membuat pengunjung nyaman berkeliling danau seluas kira-kira 85,6 hektare tersebut. Pengunjung bisa duduk nyaman menikmati bekal makanan sambil keliling danau dan mengitari pulau kecil di dalamnya. Perahu gandeng mirip ponton digerakan mesin seukuran pemotong rumput.

Menurut Wanhar Lingga, Sekretaris Penggiat Wisata Danau Bungara, Hasan Basri tergerak membuat perahu gandeng itu lantaran selama ini moda transportasi yang melayani pengujung berkeliling Danau Bungara jumlahnya terbatas. “Cukup dengan Rp 10.000, pengunjung bisa berkeliling sepuasnya menikmati keindahan yang ditawarkan Danau Bungara. Juga bisa singgah di pulau yang berada di tengah Danau Bungara,” sebut Wanhar Lingga, Senin (3/6).

Menurut Wanhar, hadirnya perahu gandeng diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Danau Bungara. Mengingat, selama ini yang menjadi kendala di lapangan adalah minimnya moda transportasi bagi pengunjung berkeliling danau air tawar itu.(de)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved