Jelang Lebaran, Banda Aceh Sepi Absolut

Jalan-jalan protokol, seperti Jalan Teuku Nyak Arief, Tgk Daud Beureueh, Teuku Umar, dan Jalan Ali Hasjimy terlihat sepi sejak pagi hingga siang ini.

Jelang Lebaran, Banda Aceh Sepi Absolut
SERAMBINEWS.COM/YARMEN DINAMIKA
Sehari menjelang Hari Raya Idulfitri 1440 Hijriah yang di Indonesia jatuh pada hari Rabu, 5 Juni 2019, keadaan Kota Banda Aceh sepi.

Laporan Yarmen Dinamika | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Sehari menjelang Hari Raya Idulfitri 1440 Hijriah yang di Indonesia jatuh pada hari Rabu, 5 Juni 2019, keadaan Kota Banda Aceh sepi.

Jalan-jalan protokol, seperti Jalan Teuku Nyak Arief, Tgk Daud Beureueh, Teuku Umar, dan Jalan Ali Hasjmy terlihat sepi sejak pagi hingga siang ini.

Kendaraan yang berlalu lalang dapat dihitung dengan jari. Itu pun umumnya mobil pribadi dan sepeda motor dari arah Kota Pelajar Mahasiswa (Kopelma) Darussalam menuju ke pusat Kota Banda Aceh. Dari arah kota ke Darussalam jumlah kendaraan yang melintas lebih sedikit lagi.

Halte-halte Transkoetaradja yang berada di sepanjang Jalan Teuku Nyak Arief dan Tgk Daud Beureueh juga tampak sepi. Tak ada calon penumpang yang duduk menunggu seperti biasanya karena memang bus-bus Transkoetaradja tak terlihat beroperasi.

Truk-truk sampah yang biasanya sejak pagi berwara-wiri di Kota Banda juga sangat jarang terlihat. Malah di depan Pasar Lamnyong, tumpukan sampah di empat boks besar penampungan
belum terangkut hingga pukul 15.00 WIB.

Toko juga banyak yang tutup, kecuali di kawasan pecinan, Peunayong, banyak yang masih buka. Apakah itu toko kue, kelontong, maupun toko bangunan, dan bengkel-bengkel mobil. Tapi toko ATK, toko handphone, toko roti, dan salon umumnya tutup.

Pusat-pusat kebugaran (gym), maupun tempat pijat refleksi semuanya tutup. Demikian pula kafe, warung, dan restoran. Mayoritas kafe bahkan sudah mengosongkan terasnya dari kursi dan meja yang biasanya ditempati para pengunjung.

Pemandangan seperti ini terlihat di 3 in 1 Cafe, Quantum, Cocomix Cafe, Bin Hamid Cafe, GH Corner, Kelsy, Canai Mamak KL, Johor Resto, Pacific Resto, Horas Coffee, dan sejumlah kafe lainnya di sepanjang Jalan Teuku Panglima Nyak Makam atau kawasan Hotel Hermes Palace sebagai pusat kuliner terpadat di Banda Aceh.

Hotel Hermes pun yang biasanya selalu ramai dengan tamu atau berbagai acara, hari ini terlihat sepi. Pada pukul 14.30 WIB hari ini hanya empat mobil yang terlihat parkir di depannya. Biasanya, areal parkir selalu penuh sesak.

Pemandangan yang kurang lebih sama juga terlihat di depan Hotel Kyriad di kawasan Simpang Lima Banda Aceh. Areal parkir Hotel Sulthan di kawasan Peunayong juga terlihat sepi dari kendaraan.

Halaman
123
Penulis: Yarmen Dinamika
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved