Shalat Idul Fitri di Abdya, Khatib Minta Jamaah Tak Lupakan Dosa Masa Lalu

Muslim Bakhtiar minta jamaah agar tidak pernah melupakan dosa masa lalu dan tidak bangga dengan amal yang dilakukan sekarang.

Shalat Idul Fitri di Abdya, Khatib Minta Jamaah Tak Lupakan Dosa Masa Lalu
SERAMBINEWS.COM/ZAINUN YUSUF
Wakil Ketua Pengadilan Agama, Sumut, Muslim Bakhtiar bertindak sebagai Khatib Shalat Idul Fitri 1440 H di Lapangan Persada Blangpidie, Abdya, Rabu (5/6/2019). 

Laporan Zainun Yusuf I Aceh Barat Daya

SERANBINEWEWS.COM,BLANGPIDIE - Prosesi shalat Idul Fitri 1440 H/2019 M di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dilaksanakan serentak di masjid dan tempat terbuka dalam sembilan kecamatan dari Babahrot sampai Lembah Sabil, Rabu (5/6/2019).

Drs Muslim Bakhtiar SH MA bertindak selaku khatib di Lapangan Persada Kota Blangpidie mengatakan puasa 30 hari yang telah dilakukan agar menjadi momentum dan tarbiyah membersihkan segala dosa sekaligus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah swt.

Di hadapan ribuan jamaah yang tumpah di Lapangan Persada Blangpidie, Wakil Ketua Pengadilan Agama Lubuk Pakam Sumatera ini mengatakan manusia yang baik bukan tanpa dosa karena sebagai manusia tidak luput dari dosa.

Muslim Bakhtiar minta jamaah agar tidak pernah melupakan dosa masa lalu dan tidak bangga dengan amal yang dilakukan sekarang.

"Allah tak pernah lupa dosa masa lalu dilakukan manusia, Allah belum tentu menerima amalan yang kita lakukan saat ini," kata Muslim Bakhtiar yang beristrikan wanita Blangpidie, ini.

Baca: Jokowi Gelar Open House di Istana Kepresidenan, Warga dan Pejabat Antre Bersama, Begini Suasananya

Baca: Minal Aidzin Wal Faidzin! Ini Kumpulan Ucapan Selamat Idul Fitri 1440 H, Cocok Dikirim untuk Kerabat

Baca: Rumah Mantan Kadis Damkar di Lamlagang Terbakar Dini Hari

Karenanya, minta ampun kepada Allah. Ibadah dan amalan yang dilakukan bukan untuk Allah, melainkan untuk manusia sendiri.

"Keagungan Allah tak turun kalau manusia tak beribadah, tidak saudara ku," katanya.

Idul Fitri diminta menjadi momentum meningkat ibadah, seperti mengasihi anak yatim, jangan sekali kali menghardik mereka.

"Barangkali ada anak yatim yang nakal, tapi harus kita pahami ia bertingkah seperti karena tak punya ayah," ucapnya.

Khutbah Idul Fitri dalam suasana cuaca mendung lebih lanjut Muslim Bakhtiar mengatakan Idul Fitri menjadi momentum saling memaafkan dan mempererat persatuan umat, dan lebih penting adalah jujur.

Kejujuran agar diutamakan kerena kerap terjadi manusia tidak jujur terhadap diri sendiri.

Shalat Id 1440 H dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Kabupaten Abdya.(*)

Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved