Kim Jong Un Tidak Senang, Korut Hentikan Acara Pentas Seni Massal

Hadir dalam acara bertajuk "Tanah Rakyat" pada Senin (3/6/2019) bersama istrinya Ri Sol Ju, Kim dikabarkan tidak senang

Kim Jong Un Tidak Senang, Korut Hentikan Acara Pentas Seni Massal
(AFP)
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menghadiri Konferensi Industri Munisi ke-8 di Pyongyang, Korea Utara, pada Selasa (12/12/2017). Foto ini dirilis kantor berita Korea Utara KCNA pada Rabu (13/12/2017). 

SERAMBINEWS.COM, PYONGYANG - Korea Utara ( Korut) dilaporkan menghentikan ajang propaganda Mass Games ( Pentas Seni Massal) setelah membuat Kim Jong Un tidak senang.

Hadir dalam acara bertajuk "Tanah Rakyat" pada Senin (3/6/2019) bersama istrinya Ri Sol Ju, Kim dikabarkan tidak senang dengan konsep Mass Games yang ditampilkan.

Kantor berita KCNA memberitakan, setelah memberikan "salam hangat" kepada para penampil yang merupakan anak-anak, Kim memanggil sutradara dan "memaharahinya".

Kim gusar karena si sutradara dianggap tak bertanggung jawab dalam bekerja dan mengkritik mereka karena mempunyai "semangat yang salah" dalam menyiapkan acara.

Baca: Bisa Mulai Hari Ini Kamis 6 Juni 2019, Ini Niat Puasa Syawal

Baca: Kapolri Jamin Hasil Investigasi Kerusuhan 22 Mei Transparan dan Siap Diungkap ke Publik

Dia menekankan bahwa para seniman merupakan garda terdepan dalam "membangun konstruksi budaya sosialis" di Korut. "Beliau meminta kebijakan partai diterapkan di seni dan literatur," ulas KCNA.

Buntut dari "kritikan" itu, agen wisata Koryo Tours melalui General Manager Simon Cockerell mengumumkan bahwa Pyongyang menghentikan Mass Games itu.

Melalui kicauannya di Twitter dilansir The Guardian, perusahaan itu menyebut Mass Games bakal dihentikan pada Senin pekan depan (10/6/2019) hingga waktu yang tak ditentukan.

"Acara bakal disesuaikan sebelum diluncurkan kembali. Kami menunggu untuk melihat apa saja yang bakal berubah serta kapan akan diadakan kembali," ujar Korea Tours.

Baca: Sahabat Ungkap Kondisi Vanessa Angel di Penjara saat Lebaran Pertama 2019, Minta Didoakan

Agen wisata lain yang mengurusi perjalanan ke Korut Young Pioneers Tours juga mengumumkan hal yang sama dan menuturkan Kim tidak puas dengan acara pembukaannya.

Tidak jelas apa yang membuat Kim marah. Namun para pengamat mencatat ada momen menarik ketika fotonya juga ditampilkan bersama dua para pendahulunya.

Halaman
12
Editor: Amirullah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved