Pasien Rujukan RSUZA Meninggal di Rumah Singgah Pemerintah Aceh di Jakarta

Atas perintah Plt Gubernur Aceh, BPPA mengurus semua biaya administrasi pemulangan jenazah ke Aceh.

Pasien Rujukan RSUZA Meninggal di Rumah Singgah Pemerintah Aceh di Jakarta
SERAMBINEWS.COM/FOTO HUMAS DINSOS ACEH
Jenazah almarhum Rusdi bin Abdul Jalil (48), pasien bocor jantung yang meninggal sebelum sempat menjalani operasi di RS Harapan Kita Jakarta tiba di Bandara SIM Blang Bintang, Jumat (7/6) sore disambut oleh perwakilan Pemerintah Aceh dan pihak keluarga. 

Laporan Nasir Nurdin | BANDA ACEH

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Innalillahi wa inna ilaihi rajiuun. Seorang pasien dengan kasus bocor jantung yang dirujuk dari RSUZA Banda Aceh ke RS Harapan Kita Jakarta meninggal dunia di Mes Aceh (rumah singgah) yang dikelola Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA) di Jakarta.

Pasien atas nama Rusdi bin Abdul Jalil (48), asal Desa Keude Trumon, Kecamatan Trumon, Aceh Selatan tersebut meninggal dunia di Mes Aceh Cipinang, Jakarta, Jumat (7/6) pagi sekitar pukul 04.00 WIB.

Informasi awal tentang meninggalnya pasien tersebut diterima Serambinews.com dari Kepala BPPA Almuniza Kamal dibenarkan Kadis Sosial Aceh Alhudri melalui Kasubbag Program Informasi dan Humas Mahdani Muchtar dan Kasi Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS) Rohaya Hanum.

Baca: Unggah Momen Lebaran 2019, Lucinta Luna Pamer Foto Berkerudung Bareng Calon Suaminya

Baca: China Bakal Salib Teknologi Militer AS 

Baca: Penerimaan CPNS 2019 Dibuka Setelah Lebaran, BKN Umumkan 254 Ribu ASN Dibutuhkan

Menurut Almuniza, Rusdi merupakan pasien bocor jantung rujukan RSUZA Banda Aceh ke RS Harapan Kita Jakarta. Rusdi terdaftar di Rumah Singgah BPPA sejak 23 Maret 2019 sambil menunggu jadwal operasi yang rencananya pada 15 Juni 2019.

“Atas perintah Plt Gubernur Aceh, BPPA mengurus semua biaya administrasi pemulangan jenazah ke Aceh,” lapor Almuniza.

Sekira pukul 15.10 WIB jenazah tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang disambut oleh Kepala BPPA dan pejabat Dinas Sosial Aceh.

Dari Bandara SIM, dengan menggunakan ambulans Dinsos Aceh, jenazah almarhum Rusdi bin Abdul Jalil dibawa pulang ke kampung halamannya di Trumon, Aceh Selatan berjarak 335 kilometer atau diperkirakan 10 jam perjalanan dari Banda Aceh.

“Kita telah berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk segera mengurus semua keperluan hingga jenazah almarhum sampai ke kampung halaman dan diterima oleh keluarganya," ujar Almuniza.

Kasi PSKBS Dinsos Aceh, Rohaya Hanum menambahkan, Rusdi adalah seorang teungku yang punya balai pengajian di Banda Aceh.

Karena sakit ia kemudian dibawa oleh santrinya ke RSUZA dan kemudian dirujuk ke Jakarta.

Kepala BPPA, Almuniza Kamal mengatakan turut berbelasungkawa atas meninggalnya salah satu pasien yang ditampung pihaknya di Rumah Singgah BPPA.

"Kita telah berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk segera mengurus semua keperluan hingga almarhum sampai ke kampung halaman dan diterima oleh keluarganya," ujar Almuniza.

Pihak Dinas Sosial Aceh juga memberikan bantuan uang duka kepada keluarga almarhum.(*)

Penulis: Nasir Nurdin
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved