Turki Ngotot Beli Rudal S-400 dari Rusia, Amerika Ancam Tak Terima Pilot Jet Tempur F-35 dari Turki

Amerika Serikat memutuskan untuk menghentikan penerimaan pelatihan pilot jet tempur F-35 dari Turki buntut masalah S-400.

Turki Ngotot Beli Rudal S-400 dari Rusia, Amerika Ancam Tak Terima Pilot Jet Tempur F-35 dari Turki
wikia.com
Pesawat tempur F-35 buatan Lockheed Martin Corp. (wikia.com) 

SERAMBINEWS.COM, WASHINGTON DC - Amerika Serikat (AS) memutuskan untuk menghentikan penerimaan pelatihan pilot jet tempur F-35 dari Turki buntut masalah S-400.

Dua sekutu NATO itu terlibat ketegangan setelah Turki memutuskan untuk meneruskan pembelian sistem pertahanan rudal dari Rusia itu meski AS menentang.

AS menyatakan Turki tak bisa memiliki baik S-400 maupun F-35.

Namun mereka masih menahan diri untuk tak menghentikan pelatihan pilot F-35 yang bisa dianggap hal memalukan di Turki.

Namun, dua pejabat anonim kepada Reuters via Russian Today Jumat (7/6/2019) mengatakan, keputusan itu bisa diambil jika Turki masih meneruskan pembelian rudal S-400.

Sumber itu menerangkan sejauh ini keputusan itu diberlakukan pada gelombang pilot serta kru perawatan Turki selanjutnya yang hendak datang ke AS.

Belum ada keputusan formal mengenai penghentian latihan para pilot sekaligus kru perawatan yang ditempatkan di Pangkalan Luke Arizona.

Meski begitu, AS tetap mempertimbangkannya dengan serius.

Sumber dari militer itu berkata, saat ini terdapat enam pilot yang berada di Pangkalan Luke dengan dua di antaranya bertindak sebagai instruktur, serta 20 kru perawatan.

Turki sudah menyatakan minat membeli 100 unit jet tempur F-35 yang secara keseluruhan bernilai 9 miliar dollar AS, atau sekitar Rp 128,3 triliun.

Halaman
123
Editor: faisal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved