Basarnas Awasi Pantai

Tim Badan SAR Nasional (Basarnas) Pos Meulaboh bersama Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat

Basarnas Awasi Pantai
BPBD Aceh Barat 

* Antisipasi Kasus Warga Tenggelam

MEULABOH – Tim Badan SAR Nasional (Basarnas) Pos Meulaboh bersama Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat melakukan pengawasan terhadap pantai di kabupaten itu yang dipadati warga untuk berekreasi mengisi libur panjang Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah. Pengawasan ini sebagai langkah antisipasi kasus warga tenggelam di laut.

Koordinator Basarnas Pos Meulaboh, Dwi Retno kepada Serambi, Minggu (9/6), menjelaskan, hampir semua pantai di Aceh Barat dan Nagan Raya sangat ramai didatangi warga untuk berwisata. “Kami melakukan pengawasan pada dua kabupaten dengan menyebarkan personel di Aceh Barat dan Nagan Raya,” kata Dwi.

Dijelaskannya, langkah pengawasan yang dilakukan Basarnas untuk menjaga keamanan dan kenyamanan warga saat berekreasi. “Sehingga bila terjadi kasus warga tenggelam bisa cepat dilakukan evakuasi, termasuk menyampaikan kepada warga jika ombak besar supaya jangan mandi di laut,” ucapnya.

Sedangkan pihak BPBD Aceh Barat mendirikan sebuah tenda di kawasan Pantai Suak Geudebang Samatiga, kabupaten setempat. Selain itu, BPBD juga mengerahkan personel serta melancarkan patroli termasuk menyampaikan informasi larangan untuk mandi di laut.

Kecuali itu, diperoleh informasi kalau Polres Aceh Barat ikut melakukan pengerahan personel ke pantai untuk memberikan rasa aman bagi warga yang sedang berwisata dari kasus kriminal. Di sisi lain, WH Aceh Barat mengimbau warga untuk menjaga kesopanan dan syariat saat berwisata. Untuk itu, warga diminta jangan duduk bersepi-sepi pada kafe tertutup, karena itu bisa mengundang perbuatan maksiat.

Sementara itu personel Polres Nagan Raya terus mengawasi sejumlah titik wisata dan tempat keramaian di wilayah itu guna mengantisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi, terutama menyangkut potensi kecelakaan dan hal lain yang tidak diinginkan. Pasalnya, objek wisata di Nagan Raya terus dipadati oleh warga yang sedang berlibur, terutama Pantai Indah Naga Permai dan Pantai Seunagan di Kecamatan Kuala Pesisir, serta Krueng Isep di Kecamatan Beutong.

“Suasana di tempat wisata hingga Minggu (9/6), masih dalam kondisi aman dan kondusif, baik masalah kecelakaan dan hal lainnya. Namun, kita terus mengawasinya dengan menyiagakan para anggota di sejumlah titik keramaian tersebut,” jelas Kapolres Nagan Raya, AKBP Giyarto, melalui Kabag Ops, Kompol M Dahlan, didampingi Kasat Lantas, AKP Usman kepada Serambi, kemarin, di Pantai Indah Naga Permai.

Disebutkan dia, angka kecelakaan lalu lintas selama Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah hanya ada satu orang yang terjadi pada Kamis (6/6) lalu, di kawasan Babah Dua, Kecamatan Tadu Raya. Meski begitu, pihaknya tetap mengimbau, kepada masyarakat untuk selalu waspada dan hati-hati saat berkendara di jalan raya guna menjaga keselamatan masing-masing.(c45)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved