KIP Se-Aceh Siapkan Bukti untuk Hadapi Gugatan Prabowo-Sandi

KIP di Aceh tetap jadi tergugat lantaran pasangan 02 menggugat KPU se-Indonesia. Otomatis, KIP di Aceh juga menjadi tergugat dalam sengketa pemilu.,

KIP Se-Aceh Siapkan Bukti untuk Hadapi Gugatan Prabowo-Sandi
For Serambinews.com
Agusni AH, Komisioner KIP Aceh. 

Laporan Subur Dani | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Meski pasangan capres/cawapres 02, Prabowo- Sandi menang telak di Aceh, namun Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh dan semua KIP kabupaten/kota se-Aceh tetap menjadi tergugat dalam gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) yang dilayangkan tim Prabowo ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Menurut Ketua Divisi Data dan Informasi KIP Aceh, Agusni AH, KIP di Aceh tetap jadi tergugat lantaran pasangan 02 menggugat KPU se-Indonesia.

Otomatis, KIP di Aceh juga menjadi tergugat dalam sengketa pemilu tersebut.

Oleh karena itu, KIP se-Aceh saat ini sedang mempersiapkan bukti dan materi untuk menjalani sidang di MK dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi.

"Kita saat ini sedang mempersiapkan alat buki dan materi untuk menghadapi gugatan ke MK dan kita insya Allah siap-siap saja menghadapi gugatan ini," kata Agusni kepada Serambinews.com, Senin (10/6/2019).

Untuk saat ini, katanya, KIP Aceh dan KIP kabupaten/kota se-Aceh sedang menyiapkan berbagai bahan dan alat bukti yang nantinya akan dipaparkan dalam sidang PHPU tersebut.

Ditanya soal jadwal sidang, Agusni belum mengetahui secara pasti, tapi yang pasti katanya, para komisioner KIP di Aceh akan segera berangkat ke Jakarta untuk mengikuti sidang tersebut.

"Kita sedang menyiapkan bahan dan alat bukti, dan kita akan berangkat ke sana (Jakarta) untuk mengikuti rangkaian sidang, tapi jadwalnya saya juga belum terima pasti. Semuanya akan berangkat, ini sama seperti Pemilu 2014 dulu, begini juga," kata Agusni AH.

Seperti diketahui, Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga memilih jalur hukum, mereka menggugat hasil Pemilihan Presiden 2019 yang telah diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), pada Selasa (21/5) lalu.

Awalnya, tim Prabowo sempat mengaku tidak akan menggugat, namun pada Jumat (24/5) malam, akhirnya mereka datang ke MK untuk mendaftarkan gugatan. (*)

Penulis: Subur Dani
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved