Luar Negeri

Di Amerika Serikat, Penjabat Menteri Pertahanan Ingatkan Staf Pentagon Harus Netral dari Politik

Peringatan tersebut disampaikan Shanahan, menyusul kasus terkait kapal perang John McCain di pangkalan militer Yokosuka, Jepang

Di Amerika Serikat, Penjabat Menteri Pertahanan Ingatkan Staf Pentagon Harus Netral dari Politik
(Mariordo Camila Ferreira & Mario Duran)
Kantor Kementerian Pertahanan AS yang lebih dikenal dengan nama Pentagon. 

Di Amerika Serikat, Penjabat Menteri Pertahanan Ingatkan Staf Pentagon Harus Netral dari Politik

SERAMBINEWS.COM - Penjabat menteri pertahanan Amerika Serikat, Patrick Shanahan mengingatkan kepada seluruh jajarannya untuk selalu bersikap netral dari politik.

Peringatan tersebut disampaikan Shanahan, menyusul kasus terkait kapal perang John McCain di pangkalan militer Yokosuka, Jepang, beberapa waktu lalu.

"Seluruh personel Departemen Pertahanan, anggota layanan, dan karyawan sipil sama-sama telah bersumpah untuk melindungi dan mempertahankan Konstitusi Amerika Serikat," ujar Shanahan.

Baca: Demi Menjaga Damai Aceh, Mualem Minta Pemerintah Pusat Serius Wujudkan Butir MoU Helsinki

"Misi kita, untuk melindungi dan membela bangsa, dan itu bukan hal politis," lanjutnya dalam memo yang dikirimkan ke semua staf Pentagon dan pejabat militer di luar negeri, Selasa (11/6/2019).

Sebelumnya, Shanahan mengkonfirmasi, pada Minggu (9/6/2019), tentang adanya permintaan dari Gedung Putih untuk membuat kapal USS John S McCain yang sedang berada di pangkalan militer Yokosuka, tidak terlihat oleh Presiden Donald Trump selama kunjungannya ke Jepang.

Permintaan itu disampaikan oleh staf Gedung Putih yang menghubungi Armada Angkatan Laut AS ke-7 yang berbasis di Jepang.

Saat ditanya mengenai memo yang dikirimkan ke seluruh staf Departemen Pertahanan di dalam maupun luar negeri, Shanahan mengatakan agar situasi serupa tidak terjadi di kemudian hari.

"Apa yang saya inginkan adalah setelah kasus (kapal perang) McCain, semua orang ingat bahwa kita tidak akan mempolitisasi militer."

Baca: Dipindah Ke Nusakambangan, 3 Napi Hukuman Mati tak Bisa Kasasi

"Pikirkan semua perjalanan yang akan datang. Pikirkan musim yang akan kita lalui," ujar Shanahan, yang merujuk pada masa pemilihan presiden AS 2020 mendatang.

Halaman
12
Editor: Hadi Al Sumaterani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved