Setahun Terganggu, Arus Lalu Lintas ke Makodim Abdya Kembali Lancar

Setelah dipasang sejumlah aramco, bahu dan badan jalan aspal yang terbuka akibat longsor ditimbunkan dengan tanah gunung

Setahun Terganggu, Arus Lalu Lintas ke Makodim Abdya Kembali Lancar
Serambi
Lintasan dari dan ke Makodim 0110 Abdya kembali lancar setelah bahu dan jalan aspal yang nyaris putus selama sekitar satu tahun di Lhok Kayee Matee, Desa Keude Paya, Blangpidie, kini sudah ditimbun dengan tanah gunung. Foto direkam, Rabu (12/6/2019). SERAMBINEWS.COM/ZAINUN YUSUF 

Laporan Zainun Yusuf| Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE – Arus lalu lintas dari dan ke Makodim 0110 Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), sempat terganggu sekitar satu tahun atau sejak 2018.    

Penyebabnya, bahu dan badan jalan longsor nyaris putus di lokasi Lhok Kaye Matee, Kecamatan Blangpidie.

Baca: Harga Cabai Merah di Sigli Melambung

Jalan yang nyaris putus selama sekitar satu tahun di lokasi Lhok Kayee Matee, Desa Keude Paya, Blangpidie, sebelum ditimbun dengan tanah gunung.
Jalan yang nyaris putus selama sekitar satu tahun di lokasi Lhok Kayee Matee, Desa Keude Paya, Blangpidie, sebelum ditimbun dengan tanah gunung. (Serambi)

Sejak pertengahan Ramadhan 1440 H/2019 M lalu, kondisi ini sudah ditangani Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Petanaan Ruang (PUPR) Kabupaten Abdya.  

Dinas PUPR membantu aramco, kemudian dipasang sebagai pengganti gorong-gorong beton yang sudah pecah di bawah badan jalan yang ambruk.

“Biaya pemasangan aramco dari BPBK Abdya,” kata Kepala BPBK Abdya, Amiruddin kepada Serambinews.com, Selasa (12/6/2019).

Baca: Berjudi di Kebun Kosong, Empat Lelaki Ini Dicambuk 25 Kali

Setelah dipasang sejumlah  aramco, kemudian bahu dan badan jalan aspal yang terbuka akibat longsor ditimbunkan dengan tanah gunung yang diangkut dengan dam truk.

Amiruddin menjelaskan, penanganan secara permanen sudah diprogram Dinas PUPR dari sumber dana Otsus tahun anggaran 2020.

Ketika ditangani secara permanen, nantinya sejumlah aramco yang sudah dipasang akan dibuka kembali oleh Dinas PUPR Abdya.  

Baca: Korban Tabrakan Tanpa Identitas Meninggal di RSU Cut Meutia

  Diberitakan sebelumnya, bahu dan badan jalan dari dan ke Makodim atau lintasan dalam Kompleks Perkantoran Abdya  longsor sejak 2018 . Pengendara kendaraan bermotor melintasi jalur tersebut harus ekstra hati-hati, jika tidak, maka jatuh ke jurang.   

Sebab, peristiwa longsor bahu jalan di lokasi Lhok Kayee Matee, Desa Keude Paya, Blangpidie, kondisinya semakin parah sehingga rawan terjadi kecelakaan lalu lintas.

Baca: Pecahkan Rekor Transfer Cristiano Ronaldo, Tapi Gaji Eden Hazard di Real Madrid Bukan yang Tertinggi

Bahu jalan sepanjang 10 meter runtuh ke dalam jurang, sehingga permukaan jalan aspal yang tersisa sangat mudah ambruk ketika dilintasi kendaraan karena tidak mampu lagi menampung beban berat.

Di lokasi hanya tersisa badan jalan aspal dengan lebar sekitar 2 meter, sementara bahu dan jalan aspal lainnya jatuh ke dalam jurang sedalaman tidak kurang tujuh meter yang merupakan areal persawahan yang diapit pengunungan. (*)      

Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Mursal Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved