Abdya Tuan Rumah Expo Ternak, Ini Jadwal dan Jenis Hewan yang Dipamerkan

Dinas Peternakan Aceh akan menggelar expo ternak se-Aceh atau Aceh Livestock ke-10 pada 11 hingga 14 Juli 2019.

Abdya Tuan Rumah Expo Ternak, Ini Jadwal dan Jenis Hewan yang Dipamerkan
SERAMBINEWS.COM/RIZWAN
Satu dari empat ekor sapi jumbo pada expo ternak di Meulaboh, Kamis (22/4/2017). 

Laporan Rahmat Saputra | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Dinas Peternakan Aceh akan menggelar expo ternak se-Aceh atau Aceh Livestock ke-10 pada 11 hingga 14 Juli 2019.

Kali ini, expo dengan menghadirkan ratusan hingga ribuan hewan ternak unggul itu, kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dipercayakan sebagai tuan rumah.

"Dalam expo peternakan ini, akan ada ratusan hingga ribuan hewan ternak (unggul) yang dipamerkan," ujar kepala Dinas Peternakan Aceh, Rahmandi MSi saat membuka rapat koordinasi bulan bakti peternakan yang dihadiri oleh seluruh kepala dinas dan kepala bidang peternakan seluruh Aceh, dan Bupati Abdya, Akmal Ibrahim SH, Kamis (13/6/2019) di Aula Bappeda Abdya.

Hewan ternak dipamerkan itu, kata Rahmandi, adalah hewan unggul atau hasil kawin silang milik masyarakat atau peternak binaan dinas peternakan kabupaten kota di seluruh Aceh.

"Hewan yang dipamerkan, seperti Sapi, kerbau, kuda, kambing, dan ayam KUB. Ayam KUB ini khusus diikuti Abdya saja, karena belum seluruh kabupaten kota memulai ayam KUB ini," terangnya.

Burung Berkicau

Selain expo ternak, lanjutnya, dalam kegiatan tersebut juga digelar lomba burung berkicau dengan total hadiah mencapai Rp 150 juta dengan 13 kelas.

Baca: Expo Ternak Arena Meriahkan PKAB

Baca: Aceh Besar Kembali Juarai Expo Ternak

Baca: Di Acara Expo Ternak, Ada Sapi Bernama Subuh

Kontes burung berkicau itu wacanakan digelar pada 13 Juli 2019.

Sementara itu, kepala Dinas Pertanian dan Pangan Abdya, drh Nasruddin mengatakan dengan ada kegiatan expo ternak tersebut, selain bisa menyemangati masyarakat Abdya untuk beternak, juga dalam rangka memberikan pengatahuan dan edukasi dunia peternakan kepada masyarakat dan para peternak.

Halaman
12
Penulis: Rahmat Saputra
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved