Berbekal Bantuan Modal Usaha dari Baitul Mal, Mualaf di Aceh Jaya Ini Sudah Mampu Membayar Zakat

Baitul Mal Aceh Jaya menerima pembayaran zakat dari Elis Panjaitan (35) seorang mualaf dari Desa Tuwie Kareung, Kecamatan Panga, Aceh Jaya.

Berbekal Bantuan Modal Usaha dari Baitul Mal, Mualaf di Aceh Jaya Ini Sudah Mampu Membayar Zakat
For Serambinews.com
Baitul Mal Aceh Jaya menerima pembayaran zakat dari Elis Panjaitan (35) seorang warga Desa Tuwie Kareung, Kecamatan Panga, Aceh Jaya yang merupakan mualaf yang sudah menetap di Aceh Jaya. 

Laporan Riski Bintang | Aceh Jaya

SERAMBINEWS.COM, CALANG – Baitul Mal Aceh Jaya menerima pembayaran zakat dari Elis Panjaitan (35) seorang mualaf dari Desa Tuwie Kareung, Kecamatan Panga, Aceh Jaya.

Menariknya, pembayaran zakat ini dilakukan setelah Elis tersebut mampu hidup mandiri.

Sebelumnya dirinya mendapatkan rumah dan bantuan modal usaha dari Baitul Mal Aceh Jaya sebagai seorang mualaf.

“Pertama saya masuk islam, dan tinggal di Aceh Jaya kehidupan saya masih dalam keadaan yang kritis dan juga tidak memiliki tempat tinggal, hanya saja saat itu sekitar tahun 2009 saya mendapatkan bantuan rumah dari Baitul Mal Aceh Jaya dan bantuan modal uang tunai sebesar 5 juta, dari situlah saya coba usaha,” jelasnya kepada Serambinews.com.

Ia menceritakan, dengan bantuan modal yang diberikan oleh Baitul Mal kepadanya, dirinya kini sudah berhasil membuat sebuah ruko yang menjual kebutuhan masyarakat secara permanen di tempat ia tinggal sekarang.

“Kemarin setelah diberikan bantuan saya hanya membuka kios kecil di depan rumah, tapi Alhamdulilah sekarang sudah bisa saya buat secara permanen,” ungkapnya.

Ia menambahkan, jika dirinya resah dengan baliho zakat yang terpampang di jalan nasional kawasan Kota Calang, yang dimana pada baliho tersebut menyebutkan jika sebagian harta yang kita miliki merupakan milik orang lain.

Baca: Tio Nugroho Mualaf Setelah Dengar Kumandang Azan, Ternyata Ini Efek Gelombang Suara Azan

Baca: Mualaf dan Disabilitas Terima Paket Ramadhan

Baca: Cantiknya Felixia Yeap Kenakan Hijab, Mantan Model Playboy yang Kini Menjadi Mualaf dan Hijrah

“Kalau dulu saya hanya bersedekah kepada tetangga, tapi sekarang saya ingin menyerahkan zakat saya kepada Baitul Mal agar banyak saudara lain yang mungkin juga seperti saya (Mualaf-red) terbantu dan meringankan beban kehidupan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Baitul Mal Aceh Jaya Tgk Kamaruddin, mengaku bangga dengan sikap yang ditunjukan oleh Elis dimana hal tersebut menyadarkan semua pihak untuk membayar zakat dan juga sebagai salah satu contoh kepercayaan yang diberikan kepada Baitul Mal.

Baitul Mal juga mengajak masyarakat untuk membayar zakat senif mualaf kepada Baitul Mal, karena tidak semua desa ada masyarakat yang mualaf bisa diberikan kepada mualaf yang berada di desa lain.

“Kan tidak semua desa ada mualaf, jika zakat senif mualaf diberikan kepada kita, bisa kita bantu saudara kita ditempat lain, dan bisa menjadi Elif lainnya di Aceh Jaya,” tutupnya. (*)

Penulis: Riski Bintang
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved