IOM Hentikan Bantuan, Kantor Imigrasi Belawan Sosialisasikan Aturan Penanganan Pengungsi Asing

Kalau menemukan pencari suaka politik di perairan kita, tanya negara tujuannya, bantu sesuai kebutuhan, dan luruskan arah tujuannya.

IOM Hentikan Bantuan, Kantor Imigrasi Belawan Sosialisasikan Aturan Penanganan Pengungsi Asing
Serambinews.com
Kantor Imigrasi Belawan, menggelar sosialisasi PP No 125/2016 tentang penanganan pengungsi dari luar negeri, di Hotel Royal Idi, Aceh Timur, Kamis (13/6/2019). 

Laporan Seni Hendri | Aceh Timur

SERAMBINEWS.COM, IDI - Kantor Imigrasi Belawan, menggelar sosialisasi Peraturan Presiden (PP) RI, nomor 125 tahun 2016 tentang penanganan pengungsi dari luar negeri di Hotel Royal Idi, Aceh Timur, Kamis (13/6/2019).

Sosialisasi yang dibuka oleh Kadiv Imigrasi Kemenhukham Aceh, Adnan.

Adnan mengharapkan sosialisasi PP tentang penanganan pengungsi dari luar negeri ini dapat mewujudkan satu kesepahaman dan kerjasama antara satu instansi dengan instansi terkait lainnya, dalam penanganan pengungsi dan pencari suaka politik dari luar negeri ke Indonesia, khususnya Aceh.

“Kedatangan para pengungsi ke Indonesia, khususnya Aceh terus bertambah. Sedangkan instansi yang menangani para pengungsi dari luar negeri ini masih banyak berbeda persepsi,” katanya.

Padahal dalam PP Nomor 125 2016, jelas Adnan, telah diatur kewenangan masing-masing lembaga dan kementerian dalam penanganan pengungsi dari luar negeri dan pencari suaka politik.

Arahkan tujuan pengungsi

Kadiv Imigrasi Kanwil Kemenkumham Aceh, Adnan juga mengimbau seluruh pemangku kepentingan, dan masyaratkat agar membantu meluruskan niat dan negara tujuan jika menemukan para pengungsi luar negeri di perairan Indonesia.

"Jangan tarik ke darat. Kalau kita menemukan para pengungsi dan pencari suaka politik di perairan kita, kita tanya baik-baik negara tujuannya, lalu bantu sesuai kebutuhan, dan luruskan arah tujuannya," imbau Adnan.

"Jika dia mau ke Malaysia, ya bantu saja kebutuhannya lalu arahkan dan luruskan perjalanannya. Tapi jangan ditarik ke darat," imbau Adnan.

Halaman
12
Penulis: Seni Hendri
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved