Mahasiswa Unsyiah Ciptakan Body Scrub

Lima mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) yang tergabung dalam Tim Program Kreativitas Mahasiswa

Mahasiswa Unsyiah Ciptakan Body Scrub
FOTO PKM-K UNSYIAH
Milamo Herbal Body Scrub karya lima mahasiswa Unsyiah. 

* Berasal dari Ampas Kopi

BANDA ACEH - Lima mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) yang tergabung dalam Tim Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan (PKM-K) menciptakan produk inovatif berbahan herbal. Mereka berhasil mengolah limbah (ampas) kopi yang biasanya dibuang menjadi produk bernilai tambah yang diberi nama ‘Milamo Herbal Body Scrub’.

Milamo yang merupakan akronim dari ‘Minyak Nilam dan Ampas Kopi Dengan Nanoteknologi’ diciptakan oleh mahasiswa lintasjurusan. Mereka adalah Nur ‘Aisyah dari Teknik Kimia, Riazhul Jannah dariTeknik Kimia, Sy Rabiatul Adawiyah dari Teknik Kimia, Mahligai Ulan Futri dari Farmasi, dan Raisha Fathima dari Pendidikan Dokter.

Tim tersebut dibimbing dosen Unsyiah, Dr Syaifullah Muhammad ST MEng. Riazhul Jannah, anggota Tim PKM-K Unsyiah kepada Serambi, Rabu (12/6) mengatakan, Aceh yang dikenal dengan istilah ‘Negeri 1.001 Warung Kopi’ setiap harinya menghasilkan banyak sekali ampas kopi yang terbuang percuma.

Hal itu memotivasi timnya untuk mengurangi limbah tersebut dengan menciptakan produk Milamo herbal body scrub. “Herbal body scrub karya kami ini fungsinya lebih baik dibandingkan body scrub lainnya. Partikel scrub yang berukuran nano mampu mengangkat sel-sel kulit mati sampai ke poripori terdalam,” ujar Riazhul.

Sementara body scrub pada umumnya,kata dia, hanya mampu mengangkat sel kulit mati pada permukaan kulit saja. Mahasiswi Teknik Kimia ini menjelaskan bahwa ampas kopi yang menjadi bahan utama scrub itu memiliki kandungan penting seperti lemak, asam organik, kafein, mineral, dan antioksidan. Kandungan lemak pada ampas kopi, lanjut Riazhul, dapat menghidrasi kulit dan memperbaiki sebum (lemak yang dihasilkan oleh kelenjar lemak kulit).

Dia menambahkan, bahan lainnya yang digunakan pada Milamo herbal body scrub adalah minyak nilam Aceh. Minyak nilam, kata Riazhul, sudah lama digunakan sebagai bahan untuk perawatan kulit seperti jerawat, eksim, peradangan, kulit pecahpecah, dan iritasi. “Minyak nilam juga memiliki komponen bioaktif yang bersifat antijerawat, antialergi, antiinflamasi, antibakteri, dan antioksidatif pada kulit,” paparnya.

Ada bagian lain, Anggota Tim PKM-K Unsyiah, Riazhul Jannah menjamin kandungan bahan alami pada Milamo herbal body scrub aman digunakan bagi kulit. Bahkan katanya, body scrub organik Milamo sangat baik digunakan karena bersifat ‘chemical free’ atau bebas bahan kimia.

“Kami berharap kepada generasi muda Aceh agar lebih melirik ke arah limbah. Sebab ampas kopi pun jika diolah secara tepat bisa menjadi produk bernilai ekonomis,” jelasnya, seraya menyebut produk itu bisa didapatkan di Atsiri Research Center (ARC) Unsyiah atau melalui akun instagram @milamobodyscrub.(fit)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved