Pante Pangah, Pesona Baru Wisata Gandapura

SEKTOR wisata menjadi ‘darah baru’ ekonomi warga. Geliat wisata tersebut juga terlihat di Gampong Ie Rhob

Pante Pangah, Pesona Baru Wisata Gandapura
SERAMBI/ NURUL HAYATI
WISATAWAN lokal menikmati objek wisata Pante Pangah di Gampong Ie Rhop, Kecamatan Gandapura, Bireuen, Minggu (9/6). 

SEKTOR wisata menjadi ‘darah baru’ ekonomi warga. Geliat wisata tersebut juga terlihat di Gampong Ie Rhob, Kecamatan Gandapura, Bireuen. Adalah Pante Pangah, objek wisata yang dikelola oleh warga desa setempat ini, diluncurkan pada akhir tahun 2018. Tempat ini diklaim sebagai objek wisata keluarga yang islami.

Seperti halnya kebanyakan pantai di barat timur Aceh, pasir Pante Pangah berwarna coklat tanah dengan air yang tak bisa dibilang jernih. Namun, meski pun terbilang baru, daya tariknya mampu ‘mencuri’ perhatian warga untuk berkunjung. Seperti pemandangan yang terlihat saat Serambi menyambangi Pante Pangah, Minggu (9/6).

“Tempatnya sudah tertata dengan baik, bisalah untuk wisatawan lokal. Paling suka makanannya, sampai lobster ada. Terutama harganya yang terbilang murah, nggak seperti kebanyakan tempat wisata,” komentar Topit, pengunjung asal Aceh Utara.

Ya, objek wisata yang dibangun oleh Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) tersebut terlihat terkelola dengan baik. Hal ini tampak dari deretan pondok maupun bangku taman yang ditata sedemikian rupa. Fasilitas pendukung berupa mushala, toilet, dan areal parkir yang memadai menunjang kenyamanan pengunjung.

Menurut data dari desa setempat, luas Gampong Ie Rhop yaitu 62 hektare dari sebelumnya 109 hektar. Hal ini terjadi karena abrasi dan tsunami. Oleh aparatur gampong setempat, Ie Rhop yang notabene merupakan salah satu desa di bibir pantai, lantas dikembangkan sebagai objek wisata.

Kini, Pante Pangah yang berlokasi di Gampong Ie Rhop juga terlihat bersolek dengan banyaknya spot foto yang ditawarkan. Mengandalkan unsur alam berupa kayu sebagai seni instalasi, menjadikan tempat ini terkesan artistik.

Selain ramah netizen, Pante Pangah juga ramah keluarga. Hal ini didukung oleh sarana tempat bermain bagi anak-anak. Untuk masuk ke sini, pengunjung hanya dikenakan tiket masuk seharga Rp 2 ribu untuk kendaraan roda dua, dan Rp 5 ribu bagi kendaraan roda empat. Sehingga selain pantas dipamerkan di sosial media, Pante Pangah juga layak masuk dalam daftar tempat rekreasi keluarga. (nurul hayati)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved