Citizen Reporter

Empat Kunci Sukses Orang Jepang

SAYA bersama sejumlah kepala dinas pendidikan dan kakankemenag kabupaten/kota, serta beberapa kepala

Empat Kunci Sukses Orang Jepang
IST
DR SILAHUDDIN MAg, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besar, melaporkan dari Osaka, Jepang

OLEH DR SILAHUDDIN MAg, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besar, melaporkan dari Osaka, Jepang

SAYA bersama sejumlah kepala dinas pendidikan dan kakankemenag kabupaten/kota, serta beberapa kepala sekolah dari Aceh melakukan perjalanan cooperative study to Japan untuk bidang pendidikan selama tujuh hari, 10-16 Juni 2019 yang difasilitasi oleh Artline Sachihata Jepang.

Kami mulai perjalanan melalui Bandara Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, pada Senin, 10 Juni 2019 pukul 14.00 WIB dengan menumpang pesawat AirAsia transit dan menginap semalam di Tune Hotel Kuala Lumpur Internasional Airport (KLIA), Kuala Lumpur.

Setelah menginap semalam di Kuala Lumpur, besoknya Selasa, 11 Juni 2019 kami pada pukul 14.00 waktu Malaysia dengan menumpang pesawat menuju Osaka, Jepang dan kami mendarat dengan selamat.

Sesampainya di Jepang kami menginap di Hotel Osaka. Setelah istirahat sejenak dan menikmati suasana sekitar hotel dilanjutkan dengan mengunjungi Museum Science. Kami menghabiskan waktu beberapa jam di sana. Banyak hal menarik yang terpampang di dinding museum dan tertata rapi juga di rak-rak mengenai sejarah yang terjadi dalam kurun waktu beberapa dekade pemerintahan Jepang.

Ada hal yang sangat menarik ketika kami mengunjungi museum, yakni tentang sejarah lahirnya Kota Osaka. Semua peninggalan sejarah mereka rawat dengan baik, sehingga siapa pun yang datang akan mengetahui sejarah kota penting di Jepang ini.

Museum tersebut banyak sekali dikunjungi oleh masyarakat Jepang baik warga biasa maupun kaum terpelajar, di samping turis mancanegara yang juga sangat antusias mengunjungi tempat bersejarah tersebut. Hal ini akan memperkaya pengetahuan di bidang literasi sejarah.

Kami juga mengunjungi tempat bersejarah penemu mi di Jepang dan juga banyak saya temui siswa yang belajar di museum tersebut.

Setelah puas menikmati literasi sejarah di museum kami melanjutkan perjalanan ke Tsutenkaku Tower.

Pada Kamis, 13 Juni 2019 pagi kami check-out dari hotel langsung menuju Kyoto Fushimi Temple. Di sini kami didampingi oleh pemandu lokal yang mengarahkan dan menjelaskan tentang sejarah dan kultur keagamaan Jepang yang sebagian besar beragama Shinto dan Buddha.

Halaman
123
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved