Pejabat Amerika: Sebelum Serangan Kapal Tanker di Teluk Oman, Iran Hendak Tembak Drone AS

Seorang pejabat Amerika Serikat (AS) kembali memberikan temuan terkait serangan terhadap dua kapal tanker yang terjadi di Teluk Oman.

Pejabat Amerika: Sebelum Serangan Kapal Tanker di Teluk Oman, Iran Hendak Tembak Drone AS
AFP PHOTO / ISNA
Sebuah foto yang diperoleh dari kantor berita Iran, ISNA, menunjukkan kondisi kapal tanker Front Altair milik Norwegia yang terbakar di perairan Teluk Oman, diduga akibat serangan torpedo, Kamis (13/6/2019). (AFP PHOTO / ISNA) 

SERAMBINEWS.COM - Seorang pejabat Amerika Serikat (AS) kembali memberikan temuan terkait serangan terhadap dua kapal tanker yang terjadi di Teluk Oman.

Pejabat anonim itu memaparkan, militer Iran ternyata sempat menyadari terdapat drone AS yang tengah terbang beberapa jam sebelum serangan berlangsung.

Diwartakan CNN Sabtu (15/6/2019), Iran bereaksi dengan menembakkan rudal darat-udara.

Namun rudal itu meleset dan jatuh ke air, imbuh pejabat itu.

Dihujani tembakan, pejabat anonim itu mengungkapkan pesawat nirawak MQ-9 Reaper itu kemudian merekam momen ketika kapal Iran mendekati kapal tanker.

Namun, sumber itu tidak memberikan detil apakah drone itu merekam pasukan Iran tersebut melakukan serangan ke kapal tanker Front Altair dan Kokuka Courageous.

Meski begitu, pejabat itu mengklaim itu adalah bukti pertama Washington mempunyai informasi pertama soal pergerakan Iran dalam insiden itu Teluk Oman.

Pejabat itu melanjutkan, beberapa hari sebelumnya drone Reaper mereka ditembak jatuh di Laut Merah menggunakan rudal yang diyakini berasal dari Houthi.

Sumber itu membeberkan, Iran tidak terpikir untuk mengendur ketika kapal kecil mereka mengadang kapal tunda yang bertugas menarik tanker yang mengalami kerusakan.

Sebelumnya, Pentagon melalui Komando Sentral AS merilis video dan gambar yang memperlihatkan kapal patroli Iran melepas benda seperti ranjau dari lambung kapal.

Halaman
123
Editor: faisal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved