SMA di Abdya Masih Krisis Siswa Baru, Setelah Penerapan Sistem Zonasi

Sistem zonasi berdasarkan Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 51 tahun 2018.

SMA di Abdya Masih Krisis Siswa Baru, Setelah Penerapan Sistem Zonasi
kompas.com
Bukan Lagi Rapor dan Nilai UN yang Jadi Syarat Siswa Diterima di Sekolah Baru, Simak Aturan Baru PPDB 2019! 

Laporan Zainun Yusuf | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Dari 15 Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri dan Swasta di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), 11 diantaranya sudah menerapkan sistem zonasi dalam penerimaan/seleksi  seleksi PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) tahun  ajaran 2019/2020.

Sistem zonasi berdasarkan Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 51 tahun 2018.

Berdasarkan ketentuan tersebut  ada tiga jalur seleksi siswa baru mulai tahun ajaran 2019/2019.

Pertama, jalur zonasi sebanyak 90 persen, jalur prestasi 5 persen dan jalur mutasi atau pindah tugas orang tua 5 persen.

Sistem zonasi diterapkan agar siswa baru tidak menumpuk pada sekolah tertentu yang dinilai favorit, sementara sekolah lain terjadi kekurangan siswa baru.    

Ternyata, dari 15 SMA Negeri dan Swasta di Kabupaten Abdya, 11 SMA Negeri Negeri yang menerapkan sistem zonasi, seluruhnya mengalami krisis siswa baru bila dibandingkan dengan daya tampung (kelas) yang tersedia.

Kendati rata-rata sekolah SMA mengalami kekurangan siswa baru, namun sistem zonasi berdampak positif terhadap pemerataan pendaftaran siswa baru.

Kalau tahun-tahun sebelumnya, hanya SMA yang dinilai favorit saja yang membludak jumlah pendaftaran siswa baru, sementara yang lainnya mengalami kekurangan.

Ketua dan Sekretaris Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Abdya, Marzuki dan Subarianto dihubungi Serambinews.com, Senin (17/6/2019) menjelaskan, bila dilihat dari daya tampung, rata-rata SMA di Abdya mengalami kekurangan siswa baru tahun ajaran 2019/2020.

Halaman
1234
Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved