Telkomsel Terus Kembangkan Inovasi Koneksi Jaringan 5G di Indonesia

Setelah memperkenalkan pertama kali di Indonesia saat Asian Games 2018 lalu, Telkomsel terus mengembangkan inovasi untuk mempersiapkan koneksi jaringa

Telkomsel Terus Kembangkan Inovasi Koneksi Jaringan 5G di Indonesia
Ilustrasi 

Laporan Mawaddatul Husna | Banda Aceh

 SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Telkomsel berkomitmen untuk terus melakukan transformasi digital dan berinvestasi dalam mengimplementasikan roadmap teknologi mobile broadband terdepan untuk menghadirkan pengalaman digital terbaik bagi pelanggan, termasuk teknologi 5G.

Setelah memperkenalkan pertama kali di Indonesia saat Asian Games 2018 lalu, Telkomsel terus mengembangkan inovasi untuk mempersiapkan koneksi jaringan 5G di Indonesia.

Direktur Network Telkomsel, Iskriono Windiarjanto dalam siaran pers yang diterima Serambinews.com, Minggu (16/6/2019) mengatakan sebagai operator seluler terkemuka di Indonesia, Telkomsel memiliki tanggung jawab untuk mendukung pengembangan dan implementasi teknologi terkini di Tanah Air, yaitu teknologi 5G.

Baca: BREAKING NEWS - Tabrakan Sempati Star Vs Avanza, 5 Penumpang Meninggal, Satu Bayi Ada di Dalamnya

Baca: Founder Ashabul Kahfi Islamic Center Sidney Ceritakan Alasan Islam Jadi Daya Tarik di Australia

Baca: Polsek Jajaran Polres Aceh Utara Tiba-tiba Gelar Razia Serentak

"Kami pun sudah mempersiapkan untuk adopsi generasi baru dari koneksi broadband ini, namun untuk adopsinya di Indonesia masih banyak yang harus dipersiapkan. Antaranya kesiapan perangkat untuk membangun ekosistem 5G, termasuk alokasi spektrum yang saat ini sedang dikaji lebih lanjut oleh pemerintah," katanya.

Dikatakan, teknologi 5G membutuhkan alokasi spektrum yang cukup signifikan.

Pemerintah harus menyediakan sejumlah 80-100 MHz spektrum secara kontinyu bagi setiap operator di band utama (seperti 3,5 GHz), dan sekitar 1 GHz bagi setiap operator di bandmillimeter wave (seperti spectrum di atas 24 GHz).

3GPP sebagai organisasi standarisasi industry telekomunikasi Internasional juga sedang mempersiapkan proposal terhadap standarisasi dari 5G NR (New Radio).

“Selanjutnya untuk tahapan komersialisasi 5G, tentunya Telkomsel menunggu izin dari pemerintah untuk membuka spektrumnya. Sedangkan kesiapan dalam hal kerja sama, kami belum menunjuk mitra jaringan untuk penggelaran 5G nasional,” sebut Iskriono.(*)

Penulis: Mawaddatul Husna
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved