32 Tim Ikut Liga 3 Aceh

Sebanyak 32 tim akan mengikuti kompetisi Liga 3 tahun 2019 Provinsi Aceh

32 Tim Ikut Liga 3 Aceh
SERAMBI/IMRAN THAYEB
KETUA Umum PSSI Aceh, Nazir Adam didampingi Exco bidang kompetisi, H Adek Zulfadli dan Sekum Nazaruddin memberikan keterangan kepada wartawan terkait pelaksanaan Liga 3, kemarin. 

BANDA ACEH - Sebanyak 32 tim akan mengikuti kompetisi Liga 3 tahun 2019 Provinsi Aceh. Perhelatan kasta terendah tersebut dijadwalkan bergulir 1 Agustus mendatang.

“Di babak penyisihan, 32 konsestan ini dibagi dalam empat grup. Peserta Liga 3 tersebut merupakan anggota dan calon anggota yang sudah mendapat pengesahan,” ungkap Ketua Umum PSSI Aceh, Nazir Adam kepada wartawan di Kantor Asprov PSSI Aceh, Kompleks Lhong Raya, kemarin.

Didampingi Exco PSSI bidang kompetisi, H Adek Zulfadli SE dan Nazaruddin, Nazir Adam menambahkan, pemain yang boleh didaftarkan kelahiran 1 Januari 1997. Namun, bagi klub diperkenankan mendaftar lima pemain senior.

Pun begitu, keberadaan lima pemain senior ternyata tak bisa memainkan sekaligus. Sebaliknya, dalam setiap pertandingan, setiap klub hanya bisa menurunkan tiga pemain saja. Sehingga, klub lebih dominan diperkuat oleh talenta muda.

Nazir Adam menambahkan, pendaftaran pemain untuk semua klub Aceh dilakukan secara daring atau online. Pendaftaran pemain terhubung dengan data PSSI Pusat. Batas pendaftaran pemain tersebut ditunggu hingga 10 Juli 2019 mendatang. Hal ini berdasarkan keputusan dalam manajer meeting dan workshop Liga 3, Sabtu (15/6) sore.

Pada bagian lain, Ketua Umum PSSI Aceh menambahkan, bahwa sebelum pelaksanaan pertandingan di empat stadion, pihak akan melakukan screening pemain. Karena itulah, pihaknya meminta kepada semua klub untuk melengkapi persyaratan pemain seperti ijazah terakhir, akte kelahiran, KTP, dan kartu keluarga (KTP).

Nazir secara terbuka menyatakan, pihaknya menyambut baik keikutsertaan 32 kesebelasan di Tanah Rencong dalam mengarungi Liga 3 musim ini. Terlebih, para pengurus memperlihatkan keseriusannya dalam mempersiapkan tim.

Bukan rahasia lagi, banyaknya klub ambil bagian dalam liga kali ini tak lepas dari ketiadaan kompetisi musim lalu. Sebagaimana diketahui, pada tahun 2018, PSSI Pusat tak memberi rekomendasi bagi Tanah Rencong untuk mengulirkan kompetisi menyusul konflik panjang PSSI Aceh.

Kompetisi Liga 3 musim ini diramaikan oleh sejumlah pendatang baru seperti Tamiang United FC, Benteng Gatra FC, Meulaboh FC Aceh Barat dan PTPN 1 Aceh, Kota Langsa. Ini merupakan partisipasi pertama mereka di arena Liga 3. Boleh jadi, kuarter ini akan menjadi kekuatan baru sepakbola di Bumi Serambi Mekkah.

Pada kesempatan itu, Nazir mengungkapkan, pertandingan di babak penyisihan grup akan menganut sistem setengah kompetisi. Di mana juara dan runner-up masing-masing grup akan lolos ke babak delapan besar. “Klub juara akan mewakili Aceh ke Liga 3 babak regional Sumatera,” pungkas mantan Wakil Bupati Pidie ini.

EXCO PSSI Aceh bidang kompetisi, H Adek Zulfadli SE menyebutkan, pihaknya sudah menetapkan empat stadion sebagai tuan rumah babak penyisihan. Grup A di Stadion Kota Langsa, Krueng Mane Aceh Utara (Grup B), Seribu Bukit Gayo Lues (Grup C), dan Kota Jantho Aceh Besar (Grup D).

“Sebelum diputuskan, kami memberikan kesempatan kepada semua tim untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah. Dari keempat tuan rumah itu, ternyata mereka memang benar mengajukan surat kepada PSSI Aceh,” tegas mantan pemain Persiraja era 90-an itu.

Meski sudah menunjuk tuan rumah, Zulfadli mengakui, sebelum pelaksanaan kompetisi bergulir, pihaknya akan tetap melakukan verifikasi terhadap keempat stadion tersebut. Hal ini semata-mata untuk memberikan kenyamanan bagi pemain ke-32 klub ketika bertanding tanpa cedera.(ran)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved