Polisi Antisipasi Kerusuhan

Polres Langsa mulai mengantisipasi pecahnya kerusuhan di lembaga pemasyarakatan (lapas)

Polisi Antisipasi Kerusuhan
For Serambinews.com
Kapolres Langsa, AKBP Andy Hermawan SIK MSc 

* Kapolres Langsa Temui Kalapas

LANGSA - Polres Langsa mulai mengantisipasi pecahnya kerusuhan di lembaga pemasyarakatan (lapas), seperti yang terjadi di beberapa daerah di Aceh.

Kapolres Langsa, AKBP Andy Hermawan SIK MSc melakukan pertemuan dengan Kalapas Kelas II B Langsa, Sayed Mahdar SH pada Senin (17/6)sore untuk membahas upaya pencegahan kerusuhan yang dilakukan napi.

Kunjungan ke lapas itu sekaligus untuk melakukan koordinasi dengan Lapas Kelas II B, terutama untuk meningkatkan kewaspadaan pengamanan di dalam lapas. Tindakan itu diambil, seiring insiden kaburnya puluhan tahanan dari Lapas Aceh Utara, tetapi seluruh napi telah ditangkap kembali.

Kedatangan Kapolres Langsa AKBP Andy Hermawan yang didampingi Kasi Was Ipda Rusdianto, dan Kasi Propam Ipda Mulyadi, disambut langsung oleh Kalapas Kelas II B Langsa, Sayed Mahdar SH dan staf.

Andy Hermawan mengimbau kepada pihak lapas agar tetap meningkatkan kewaspadaan dan pengamanan untuk mengantisipasi hal tak diinginkan seperti kejadian di Lapas Aceh Utara beberapa hari lalu maupun kerusuhan di dalam lapas.

Kapolres menyarankan pihak lapas untuk melakukan razia terhadap semua barang milik narapidana, agar kondisi dalam lapas steril dari benda-benda berbahaya. “Apabila dibutuhkan, kami siap menempatkan personel untuk membantu pengamanan lapas, sekaligus menghindari hal-hal yang tak diinginkan,” ujarnya.

Dikatakan, Mapolres Langsa yang posisinya berdekatan berdekatan dengan Lapas Kelas II Langsa juga akan meningkatkan patroli di sekitarnya. Ditambahkan, polisi juga siap mendukung pengamanan, apabila situasi dibutuhkan.

Menanggapi hal itu, Kepala Lapas Kelas II B Langsa, Sayed Mahdar SH, menyembutkan baik koordinasi yang dilakukan Kapolres Langsa dan menerima semua masukan. Dia menjelaskan kewaspadaan dan peningkatan pengamanan menjadi prioritas utama, pascakejadian kaburnya napi di Lapas Lhoksukon, Aceh Utara beberapa hari lalu.

Dia berharap situasi dan aktivitas di Lapas Kelas II B Langsa tetap akan berjalan normal dan baik, serta para napi tidak terpengaruh dengan ikut-ikutan berbuat rusuh seperti yang terjadi di Lapas Aceh Utara.(zb)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved