Jalan ke Sikundo Digerus Erosi

Jalan menuju ke Desa Sikundo, Kecamatan Pante Ceureumen, Aceh Barat pada beberapa titik semakin

Jalan ke Sikundo Digerus Erosi
IST
Jalan menuju Desa Sikundo, Kecamatan Pante Ceureumen, Aceh Barat terancam putus karena erosi dan butuh penanganan, Rabu (19/6). 

* Hanya Tersisa 1,5 Meter

MEULABOH - Jalan menuju ke Desa Sikundo, Kecamatan Pante Ceureumen, Aceh Barat pada beberapa titik semakin kritis. Bahkan, ada titik badan jalan hanya tersisa 1,5 meter karena terus digerus erosi Krueng Meureubo yang semakin parah.

Keuchik Sikundo, Jauhari kepada Serambi, Rabu (19/6), mengungkapkan, jalan menuju ke desa mereka yang merupakan pedalaman Aceh Barat semakin sulit. Jalan sepanjang 15 kilometer dari pusat kecamatan itu rusak semakin parah dan belum tersentuh aspal. “Ada titik hanya tersisa 1,5 meter. Kalau itu putus maka akses ke Sikundo akan lumpuh,” kata Jauhari.

Untuk itu, ucap Jauhari, warganya sangat mengharapkan perbaikan jalan menuju ke desa mereka, bukan saja pada titik yang terancam akan putus tapi juga pada beberapa titik lain seperti tanjakan saat menaiki gunung serta titik jalan terendam air Krueng Meureubo. “Kami berharap kepedulian Pemkab Aceh Barat untuk memperbaiki jalan menuju ke desa kami,” ujarnya.

Keuchik Sikundo juga mempertanyakan terhadap janji pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Aceh Barat yang menyatakan pada tahun 2019 akan menangani perbaikan dengan anggaran Rp 1 miliar. “Hingga kini janji itu belum direalisasi. Harapan kami segera dikerjakan,” ucap Jauhari.

Pada bagian lain, Jauhari menyebutkan, bulan depan, akan ada penambahan 25 buah Kwh meter listrik dari Pemkab Aceh Barat untuk dipasang di rumah warga Sikundo. Sedangkan, Kwh meter yang sudah dipasang itu sebanyak 13 buah, seiring listrik mulai menyala di Desa Sikundo pada pertengahan Mei 2019.

Ia menyampaikan, Kwh meter listrik itu akan dipasang pada rumah Komunitas Adat Terpencil (KAT) yang akan segera dibangun di Desa Sikundo oleh Dinsos Aceh bersumber dana dari APBN 2019 berjumlah 39 unit tipe 24 semipermanen. “Informasi kami peroleh dari Dinsos Aceh, kini dalam tahap lelang 39 rumah KAT itu. Dengan dipasang Kwh meter maka dapat digunakan untuk rumah KAT tersebut,” demikian Keuchik Jauhari.(riz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved