Kebakaran Ilalang Panikkan Warga Neusu Aceh

Kebakaran semak belukar yang dipenuhi ilalang di sebuah lahan kosong di permukiman warga Jalan T Johansyah, Lorong Perak, Gampong Neusu Aceh....

Kebakaran Ilalang Panikkan Warga Neusu Aceh
For Serambinews.com
Petugas DPKP Kota Banda Aceh memadamkan api saat terjadi kebakaran semak belukar yang dipenuhi ilalang di sekitar permukiman warga Jalan T Johansyah, Lorong Perak, Gampong Neusu Aceh, Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh, Kamis (20/6/2019). 

Kebakaran Ilalang Panikkan Warga Neusu Aceh

Laporan Misran Asri | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Kebakaran semak belukar yang dipenuhi ilalang di sebuah lahan kosong di permukiman warga Jalan T Johansyah, Lorong Perak, Gampong Neusu Aceh, Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh, panikkan warga setempat. Kebakaran ilalang yang terjadi, Kamis (20/6/2019) petang sekitar pukul 16.00 WIB itu, diduga berasal dari pembakaran sampah di sekitar tumpukan kayu di lokasi itu.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh, M Nurdin SSos menyebutkan, saat mendapat informasi kebakaran semak belukar yang dipenuhi ilalang di Gampong Neusu Aceh, satu armada pemadam kebakaran dari posko induk di Jalan Soekarno-Hatta Geuceu Meunara, Kecamatan Jaya Baru, Banda Aceh, langsung dikerahkan ke lokasi.

“Alhamdulillah api tidak merembes ke permukiman warga,” kata Nurdin, kepada Serambinews.com.

Menurut Nurdin, dari informasi yang dihimpun petugas pemadam dari warga setempat, ada terlihat aktivitas pembakaran sampah di sekitar tumpukan kayu yang sudah tidak terpakai dan berada di lokasi. Tapi, lanjutnya warga-warga tersebut tidak tahu siapa yang membakar sampah tersebut.

Baca: Kasak Kusuk Calon Wakil Gubernur, Ini Sikap PNA

Baca: Diduga Hilang di Gunung, Warga Gampong Baru, Abdya, Akhirnya Pulang Sendiri ke Rumah

Baca: Wali Kota Sabang Minta Kadin Aceh Kembangkan Wisata Sabang

“Pembakaran sampah yang menjalar ke semak belukar di lokasi itu, kami duga karena tidak diawasi. Warga sekitar lokasi yang tahu kebakaran di lokasi lahan kosong tersebut akhirnya menimbulkan kepanikan warga,” kata Nurdin.

Masyarakat setempat ungkap Kepala DPKP Banda Aceh, telah berupaya memadamkan api yang membakar ilalang tersebut dengan cara manual. Tapi, ilalang yang telah begitu kering, sehingga api begitu cepat membesar sehingga merambah ke ilalang lainnya di lahan kosong tersebut. Dikhawatirkan, api akan menjalar ke permukiman warga, sehingga warga bergegas menghubungi petugas pemadam.

“Alhamdulillah, sekitar pukul 16.15 WIB api telah dapat dipadamkan dan dilakukan pendinginan,” tambah Kasi Pembinaan dan Pengembangan Tenaga Pemadam Kebakaran, Yudi SH.

Proses pemadaman semak belukar tersebut, lanjut Yudi turut dibantu warga setempat. Setelah memastikan kondisi aman, armada pemadam kembali ke pos induk.(*)

Penulis: Misran Asri
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved